Suciyanti, Euis
(2024)
PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SELF CONTROL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF
(Survey Pada Mahasiswa di Kabupaten Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh literasi keuangan, self control dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa di Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling melalui teknik cluster random sampling (area sampling) dan diperoleh 388 responden. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis (uji F dan uji T) dengan menggunakan software SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan literasi keuangan, self controldan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Sementara pengujian secara parsial menunjukkan bahwa literasi keuangan dan self control berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, sedangkan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.
This research aims to analyze the influence of financial literacy, self-control, and lifestyle on consumer behavior among students in Kuningan Regency. The method used in this research is a quantitative descriptive method with data collection techniques through questionnaires which are measured using a Likert scale. The sampling technique used probability sampling via cluster random sampling technique (area sampling) and obtained 388 respondents. The data analysis techniques used in this research are descriptive statistical tests, classical assumption tests (normality, multicollinearity, heteroscedasticity), multiple linear regression analysis, coefficient of determination (R2), and hypothesis testing (F test and T-test) using SPSS Version 20 software. The results of this study show that simultaneously financial literacy, self-control, and lifestyle have a significant effect on consumer behavior. Meanwhile, partial testing shows that financial literacy and self-control have a negative and significant effect on consumptive behavior, while lifestyle has a positive and significant effect on consumptive behavior.
Actions (login required)
- View Item