Megaputra, Jaka Trinata (2024) RANCANG BANGUN SISTEM E-COMMERCE DENGAN MENERAPKAN CRM ANALITIKAL DI ALVINDO COMPUTAMA BERBASIS WEB. S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Alvindo Computama adalah sebuah toko yang menyediakan berbagai perlengkapan komputer atau laptop, mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak. Penjualan di Toko Alvindo Computama tidak berjalan dengan cukup baik. Promosi yang dilakukan oleh Alvindo Computama hanya sebatas di toko saja. Terdapat produk-produk yang tidak laku dijual sehingga menyebabkan stok produk lama harus diganti oleh stok baru yang dapat merugikan Alvindo Computama. Dalam penelitian ini, penulis melakukan beberapa tahapan pengumpulan data, diantaranya wawancara, observasi dan studi pustaka. Solusi yang didapatkan dari permasalahan tersebut adalah dengan dibangunnya sistem E-Commerce dengan menerapkan CRM Analitik dengan menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall serta dibangun dengan menggunakan bahasa pemograman PHP. Metode K-Means Clustering ini berfungsi untuk mengelompokkan produk mana yang laris dan tidak laris. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem E-Commerce dengan menerapkan CRM Analitik yang dapat memudahkan pelanggan Alvindo Computama dalam melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja, dan membantu toko Alvindo Computama untuk melakukan penjualan produk dan menentukkan strategi penjualan karena penerapan CRM Analitik yang menggunakan metode K-Means Clustering.
Kata Kunci : E-Commerce, CRM Analitik, PHP, Waterfall, K-Means Clustering

lvindo Computama is a store that provides various computer or laptop equipment, ranging from hardware to software. Sales at Alvindo Computama Store are not going well. The promotions conducted by Alvindo Computama are limited to the store only. There are products that are not selling well, causing old product stocks to be replaced by new ones, which can be detrimental to Alvindo Computama. In this study, the author conducted several stages of data collection, including interviews, observations, and literature reviews. The solution obtained from these problems is the development of an E-Commerce system by implementing Analytical CRM using the Waterfall system development method and built using the PHP programming language. The K-Means Clustering method functions to group which products are popular and which are not. The result of this research is an E-Commerce system applying Analytical CRM that can facilitate Alvindo Computama's customers in conducting transactions anywhere and anytime, and help Alvindo Computama store to sell products and determine sales strategies through the implementation of Analytical CRM using the K-Means Clustering method.
Keywords: E-Commerce, Analytical CRM, PHP, Waterfall, K-Means Clustering

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, CRM Analitik, PHP, Waterfall, K-Means Clustering
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: S.Kom Jaka Trinata Megaputra
Date Deposited: 30 Dec 2024 23:31
Last Modified: 30 Dec 2024 23:31
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/830

Actions (login required)

View Item
View Item