Nur Alif Malik, Abdillah
(2024)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 1 Winduhaji Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Model project based learning (PjBL) merupakan suatu model pembelajaran inovatif yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media pembelajaran, yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan kegiatan pemecahan masalah, serta siswa dapat bekerja didalam kelompoknya dan menghasilkan suatu produk yang bernilai. Model project based learning (PjBL) dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Namun belum diketahui secara lebih lanjut pengaruh Model project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran project based learning (kelas eksperimen) dengan siswa yang menggunakan model direct instruction (kelas kontrol) di SD Negeri 1 Winduhaji Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Metode ini menggunakan metode Quasi Eksperimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Variabel bebas penelitian ini adalah model Pembelajaran project based learning dan Variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Winduhaji tahun ajaran 2023/2024. Jumlah keseluruhan siswa kelas IV SD Negeri 1 Winduhaji yaitu 50 Siswa, yang terdiri dari 26 siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen, dan 24 siswa kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (t), dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model Project Based Eksperimen dengan yang menggunakan model pembelajaran direct instruction. Hal tersebut ditandai dengan hasil uji hipotesis (t) yang menunjukkan H1 diterima karena thitung > ttabel. Sedangkan hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori sedang dengan kategori N-Gain score yang cukup efektif dan kelas kontrol memiliki kategori sedang dengan kategori N-Gain score kurang efektif.
Kata Kunci : Model Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, IPAS
The project based learning (PjBL) model is an innovative learning model that uses projects/activities as a learning medium, which can involve students actively in the learning process and problem solving activities, and students can work in groups and produce a valuable product. The project based learning (PjBL) model is seen as being able to improve student learning outcomes. However, the influence of the project based learning (PjBL) Model on student learning outcomes is not yet known. This research aims to describe differences in learning outcomes and improvements in learning outcomes between students who apply the project based learning learning model (experimental class) and students who use the direct instruction model (control class) at SD Negeri 1 Winduhaji, Kuningan District, Kuningan Regency. This method uses a Quasi Experimental method with a Non Equivalent Control Group Design. The independent variable of this research is the project based learning model and the dependent variable is the learning outcomes of class IV students at SD Negeri 1 Winduhaji for the 2023/2024 academic year. The total number of class IV students at SD Negeri 1 Winduhaji is 50 students, consisting of 26 class IV A students as the experimental class, and 24 class IV B students as the control class. The data collection technique is using a test consisting of a pretest and posttest. Data analysis techniques used in this research include normality test, homogeneity test, hypothesis test (t), and N-Gain test. The research results show that there are differences and improvements in student learning outcomes in experimental classes that use the Project Based Experiment model and those that use the direct instruction learning model. This is indicated by the results of the hypothesis test (t) which shows that H1 is accepted because tcount > ttable. Meanwhile, the results of the N-Gain test show that the experimental class has a medium category with a fairly effective N-Gain score category and the control class has a medium category with a less effective N-Gain score category.
Keywords: Project Based Learning Model, Student Learning Outcomes, Science
Actions (login required)
- View Item