Maulana, Moch Rizki Ilman
(2024)
IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA
PENJUALAN TOKO BERKAH PANGAN BERBASIS WEB
(studi kasus : Toko Berkah Pangan).
S1 / D3 thesis, universitas kuningan.
Abstract
Usaha yang bergerak di bidang perusahaan bahan pangan, Usaha ini menjual dan menjadi suplayer bahan pangan seperti daging sapi, daging ayam, telor dan beras. ada 2 jenis pelanggan yaitu perorangan dan perusahaan. Adapaun maslah yang terjadi yaitu pada proses pemasaran perusahaan masih ke bingungan dalam memasarkan produk yang perusahaan jual dikarenakan perusahaan masih belum mempunyai media perantara untuk menyampaikan mengenai informasi produk yang akan diberikan pada pelanggan. Kemudian pada proses pemesanan pihak pelanggan masih kesulitan dalam memesan suatu produk kepada perusahaan karenaproses pemesanan hanya dilakukan datang langsung ketoko atau pun telepon. Permasalahan lainnya yaitu pada proses pelayanan pelanggan masih terdapat pelanggan yang merasa kurangnya fasilitas yang dapat membantu mereka untuk mendapatkan informasi. Oleh sebab itu, di buat sebuah sistem yang mengintegrasikan antara pemasaran, pemesanan, dan pelayanan konsumen menjadi suatu aplikasi berbasis online menggunakan metode penerapan CRM Oprasional ini diperlukan untuk melakukan pemesanan produk, pemasaran produk, dan pelayanan pelanggan yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan sehingga akan terjadinya suatu transaksi berkelanjutan dan munculnya kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan. Metode pengembangan sistem yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu waterfall. Pembuatan perancangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL. Dengan adanya bahasa pemrograman web sistem Berakah pangan dapat di buat untuk melakukan
i
penyimpanan data yang lebih efektif dan efesien, serta perusahaan dapat menganalisis serta mengevaluasi hasil penjualan secara real time untuk meningkatkan hasil penjualan dan kinerja perusahaan.
Kata Kunci : CRM, Waterfall, PHP, MySQL.
Business operating in the food supply industry. This business sells and supplies food products such as beef, chicken, eggs, and rice. has two types of customers: individuals and companies.
The issues faced by Store include marketing confusion, the company has not yet had an intermediary medium to convey product information to customers. Additionally, the ordering process is challenging for customers as orders can only be placed by visiting the store in person or by phone. Another problem is the customer service process, where some customers feel that there is a lack of facilities to help them obtain information.
Therefore, a system is being developed to integrate marketing, ordering, and customer service into an online application using the CRM Operational method. This system is needed to handle product orders, product marketing, and customer service, to satisfy customers and to ensure ongoing transactions and customer loyalty to the company. The system development method used in this research is the waterfall model. The system design is implemented using the PHP programming language and MySQL for database. With the use of web programming language, the Berkah Pangan system can store data more effectively and efficiently, allowing the company to analyze and evaluate sales results in real time to improve sales performance and company operations.
Keywords: CRM, Waterfall, PHP, MySQL.
Actions (login required)

- View Item