Sayidin, Vicky Firdausy (2024) RANCANG BANGUN E–COMMERCE MENGGUNAKAN MODEL B2C BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus : PT. Awaz Design Konveksi). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://rama.uniku.ac.id

Abstract

PT Awaz Design Konveksi merupakan sebuah usaha yang bergerak dibidang layanan konveksi pembuatan berbagai jenis pakaian. Pelanggan diharuskan untuk datang langsung untuk mendapatkan layanan pembuatan pakaian di PT. Awaz Design konveksi. Selain itu proses pencatatan transaksi masih menggunakan kertas yang rentan dengan kesalahan pencatatan, kerusakan dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem E-Commerce berbasis website menggunakan model B2C yang digunakan untuk memudahkan pelanggan dan pemilik melakukan transaksi tanpa terkendala jarak dan waktu. Model B2C dipergunakan dikarenakan konsumen dari perusahaan kebanyakan merupakan pengguna akhir produk. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan area pemasaran sehingga lebih luas dan mampu menjangkau konsumen yang lebih banyak. E-Commerce dibangun dengan menggunakan metode pengembangan sistem metode prototype. Hasil penelitian ini adalah aplikasi e-commerce yang berfungsi sebagai media penjualan produk perusahaan agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Aplikasi yang dibangun memiliki fitur untuk konsumen untuk dapat melihat produk yang tersedia, pemesanan, hingga pengiriman produk ke konsumen. Semua proses akan tersimpan dalam sistem sehingga memudahkan dalam proses pengelolaan dan rekapitulasi data. Konsumen tidak perlu untuk mendatangi lokasi perusahaan untuk mendapatkan layanan produk atau hanya sekedar untuk melihat ketersediaan produk. Aplikasi E-Commerce dengan menerapkan model B2C ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran produk perusahaan dan mampu meningkatkan jumlah konsumen dan pendapatan perusahaan.

PT Awaz Design Convection is a business engaged in convection services for the manufacture of various types of clothing. Customers are required to come directly to get clothing manufacturing services at PT. Awaz Design convection. In addition, the transaction recording process still uses paper which is vulnerable to record errors, damage and others. This research aims to design and to build a website-based E-Commerce system using a B2C model that is used to make easier for customers and owners to make transactions without being constrained by distance and time. The B2C model is used because the consumers of the company are mostly the end users of the product. The use of E-Commerce can increase the marketing area so that it is wider and able to reach more consumers. E-Commerce is built using the prototype method system development. The result of this research is a web based e-commerce application that functions as a medium for selling company products so that it is easier for consumers to reach. The application built has features for consumers to be able to see available products, orders, and product delivery to consumers. All processes will be stored in the system so that it makes easier to manage and recapitulate data. Consumers do not need to visit the company's location to get product services or just to see the availability of products. A web based E-Commerce application by implementing this B2C model is expected to increase the marketing of the company's products and be able to increase the number of consumers and the company's revenue.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, B2C, Prototype
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: S.Kom Vicky Firdausy Sayidin
Date Deposited: 19 Mar 2025 01:56
Last Modified: 19 Mar 2025 01:56
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/2548

Actions (login required)

View Item
View Item