Faradiana, Silvia
(2024)
PENGARUH RELIGIUSITAS, LOVE OF MONEY, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN LITERASI PERPAJAKAN TERHADAP
KEPATUHAN WAJIB PAJAK
(Studi Kasus Pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kabupaten Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menghasilkan bukti empiris yang dapat menjelaskan tentang Pengaruh Religiusitas, Love of Money, Kesadaran Wajib Pajak dan Literasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang diperoleh sebanyak 739 UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kabupaten Kuningan. Sampel yang diperoleh sebanyak 260 UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kabupaten Kuningan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner secara offline dan online melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan Partial Least Square (PLS) versi 3.0. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menunjukkan bahwa Religiusitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Love of Money berpengaruh positif
signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Literasi Perpajakan berpengaruh positif signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
Kata Kunci: Religiusitas, Love of Money, Kesadaran Wajib Pajak, Literasi Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak.
This study aims to analyze and produce empirical evidence that can explain the effect of religiosity, Love of Money, taxpayer awareness and tax literacy on taxpayer compliance in MSMEs in the food and beverage sector in Kuningan Regency. The method used in this research is descriptive and verification method with a quantitative approach. The population obtained was 739 MSMEs in the Food and Beverage Sector in Kuningan Regency. The sample obtained was 260 MSMEs in the Food and Beverage Sector in Kuningan Regency. The sampling technique used was proportionate stratified random sampling. The data collection technique used in this study is primary data obtained using offline and online questionnaires via google form. The data analysis technique used is using Partial Least Square (PLS) version 3.0. Based on the results of hypothesis testing by showing that religiosity has a positive and insignificant effect on taxpayer compliance. Love of Money has a significant positive effect on taxpayer compliance. Taxpayer awareness has a significant positive effect on taxpayer compliance. Tax literacy has a significant positive effect on taxpayer compliance.
Keywords: Religiosity, Love of Money, Taxpayer Awareness, Tax Literacy, taxpayer compliance.
Actions (login required)
- View Item