Heryanto, Rido (2024) RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY PENGENALAN BANGUN RUANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS V MENGGUNAKAN METODE KIRSCH (Studi Kasus : Sd Negeri 3 Salakaria, Sukadana, Ciamis). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (968kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Pembelajaran merupakan interaksi antara guru dengan peserta didik di suatu lingkungan belajar yang berlangsung secara edukatif untuk mencapai sumber belajar sedangkan media pembelajaran merupakan apa pun yang memiliki kegunaan sebagai sarana penyampaian pesan yang disampaikan pendidik kepada peserta didiknya. Namun dalam pembelajaran yang dilakukan tidak adanya media pendukung untuk para siswa mengidentifikasi bentuk dari bangun ruang ini sehingga siswa kurang berminat dan mendapatkan hasil yang kurang maksimal dalam pembelajaran, maka dibutuhkan adanya suatu media visualisasi yang inovatif, sehingga dapat memunculkan kesan menarik dan mudah dipahami dengan teknologi Augmented Reality untuk visualisasi bangun ruang dengan mengimplementasikan metode Kirsch. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode RUP (Rational Unified Process) dan perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Berdasarkan hasil UAT (User Acceptance Test) bahwa Aplikasi Augmented Reality Pada Materi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Metode Kirsch dapat diterima oleh user (pengguna) yaitu siswa kelas V dengan mendapatkan nilai presentasi secara keseluruhan sebesar 87%.
Kata Kunci : Bangun Ruang, RUP, UML, Augmented Reality, Kirsch

Learning involves interaction between teachers and students within an educational setting to achieve specific goals using various resources. Learning media are tools used by educators to communicate information to students. However, there is currently a lack of effective media to help students understand the spatial shapes of buildings, resulting in reduced interest and less effective learning outcomes. To address this, an innovative visualization tool using Augmented Reality (AR) technology is proposed. This tool will help visualize building spaces by applying the Kirsch method, making learning more engaging and easier to understand. The development of this application follows the Rational Unified Process (RUP) method and utilizes Unified Modeling Language (UML) for design. User Acceptance Test (UAT) results show that the Augmented Reality application for learning about building spaces using the Kirsch method is well-received by grade V students, with an overall approval rating of 87%.
Keywords: Build Space, RUP, UML, Augmented Reality, Kirsch

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Bangun Ruang, RUP, UML, Augmented Reality, Kirsch Build Space, RUP, UML, Augmented Reality, Kirsch
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Teknik Informatika
Depositing User: S.Kom Rido Heryanto
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:24
Last Modified: 02 Oct 2024 03:24
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item
View Item