Eriska, Riri
(2024)
RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY MEDIA PEMBELAJARAN HIDROKARBON MENGGUNAKAN ALGORITMA LCM (LINEAR CONGRUENT METHOD) UNTUK PENGACAKAN SOAL
(Studi Kasus : SMAN 1 Pasawahan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
SMA Negeri 1 Pasawahan merupakan salah satu sekolah yang berada di Desa Pasawahan, Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Provinsi.Jawa Barat. Proses belajar mengajar untuk mata pelajar kimia ini masih menggunakan media pembelajaran berupa buku paket dan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah. Terdapat kendala dalam proses pembelajarnnya yaitu siswa kesulitan memahami materi Hidrokarbon karena pada gambar yang ada pada buku paket berbentuk 2D serta tidak ada informasi detail tentang visualisasi pada gambar, hanya secara lisan dan tidak ada alat peraga selain itu masalah dalam proses evaluasi pengerjaan soal, yaitu soal yang diberikan oleh guru kepada setiap siswanya sama yang menyebabkan terjadinya kecurangan yaitu saling bekerja sama dalam pengerjaannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti akan membuat sebuah aplikasi media pembelajaran hidrokarbon berbasis teknologi yaitu Augmented Reality dan diterapkannya algoritma Linear Congruent Method (LCM). Aplikasi yang akan dibuat akan menampilkan 3D Animasi Hidrokarbon dan terdapat kuis yang digunakan sebagai evaluasi yang telah diterapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) yang berfungsi untuk pengacakan soal pada kuis . Metode pengembangan sistem yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Prototype dengan Unifed Modelling Langueage (UML) sebagai metode perancangan sistem. Berdasarkan hasil UAT (User Acceptance Test) aplikasi ini mendapat respon yang baik dengan presentase 86,16%.
Kata Kunci: Augmented Reality, Linear Congruent Method (LCM), Hidrokarbon, Kuis
SMA Negeri 1 Pasawahan is one of the schools in Pasawahan Village, Pasawahan District, in Kuningan Regency, West Java. The teaching and learning process for chemistry students still uses learning media in the form of textbooks and the learning method used is the lecture method. faces challenges in teaching chemistry with textbooks and lectures. Students struggle with understanding Hydrocarbon materials due to 2D images and lack of detailed visualization, and cheating occurs since evaluation questions are identical. To solve these issues, a proposed AR-based application will display 3D Hydrocarbon animations and use the Linear Congruent Method (LCM) algorithm to randomize quiz questions. The application that will be created will display 3D Hydrocarbon Animation and there will be a quiz that will be used as an evaluation of the algorithm that has been applied Linear Congruent Method (LCM) which functions to randomize questions on quizzes. The application will be developed using the Prototype method and designed with Unified Modeling Language (UML). User Acceptance Testing (UAT) showed a positive response with an 86.16% satisfaction score.
Keywords: Augmented Reality, Linear Congruent Method (LCM), Hydrocarbons, Quiz
Actions (login required)
- View Item