Yuniara, Elsa
(2024)
PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS METODE WHOLE BRAIN TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menjadi latarbelakang adanya penelitian pengembangan ini, hal tersebut diakibatkan karena metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran matematika yang hanya metode ceramah yang berpusat pada guru, minimnya penggunaan bahan ajar yang dibuat oleh guru sehingga bahan ajar yang digunakan oleh siswa masih terpaku pada buku paket sekolah, serta materi bentuk aljabar yang masih sulit untuk dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul, mengetahui kevalidan dan kepratisan dari e-modul interaktif berbasis metode whole brain teaching yang dikembangkan untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bentuk aljabar. Aplikasi yang digunakan dalam pengembangan e-modul ini adalah Microsoft Word dan Flip PDF Professional. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu tahap analysis, tahap design, tahap development, tahap implementation dan tahap evaluation. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di kelas VII F SMP Negeri 2 Kuningan yang berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi, angket respon guru dan angket respon siswa untuk melihat kepraktisan e-modul. Validasi e-modul dilakukan oleh empat validator yang terdiri dari dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi e-modul memperoleh rata-rata sebesar 93,74% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk hasil uji validasi ahli media memperoleh rata-rata sebesar 97,49% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan e-modul berdasarkan angket respon guru memperoleh hasil sebesar 97,5% dan angket respon siswa memperoleh hasil sebesar 85,80%, sehingga e-modul interaktif termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif yang dikembangkan sudah teruji karena memenuhi kategori kevalidan dan kepraktisan dengan kategori sangat valid dan sangat praktis. Untuk penelitian selanjutnya peneliti menyarankan untuk dapat melakukan pengembangan e-modul yang dapat diakses tanpa internet, melanjutkan penelitian sampai tahap uji efektifitas untuk melihat keefektifitasan e-modul yang dikembangkan terhadap pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Whole Brain Teaching, Kemapuan Pemahaman Konsep
The low ability to understand students mathematical concepts is the background for this development research, this is due to the learning method used in the mathematics learning process which is only a teacher-centred lecture method, the minimal use of teaching materials made by teachers so that the teaching materials used by students are still fixated on school textbooks, as well as algebra material which is still difficult for students to understand. This research aims to describe the e-module development process, determine the validity and practicality of an interactive e-module based on the whole brain teaching method which was developed to facilitate students ability to understand mathematical concepts in algebraic material. The applications used in developing this e-module are Microsoft Word and Flip PDF Professional. This research uses the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely the analysis stage, design stage, development stage, implementation stage and evaluation stage. The research was conducted in the even semester of the 2023/2024 academic year in class VII F of SMP Negeri 2 Kuningan, totaling 34 students. The instruments used in this research were validation sheets, teacher response questionnaires and student response questionnaires to see the practicality of e-modules. Validation of the e-module was carried out by four validators consisting of two material expert validators and two media expert validators. The validation test results carried out by e-module material experts obtained an average of 93.74% in the very valid category, while for the validation test results media experts obtained an average of 97.49% in the very valid category. The practicality of the e-module based on the teacher response questionnaire obtained a result of 97.5% and the student response questionnaire obtained a result of 85.80%, so that the interactive e-module is included in the very practical category. Based on the research results, it can be concluded that the interactive e-module developed has been tested because it meets the validity and practicality categories with the very valid and very practical categories. For further research, the researcher suggests developing an e-module that can be accessed without the internet, continuing the research to the effectiveness testing stage to see the effectiveness of the e-module being developed on students understanding of concepts.
Keywords: Interactive E-Module, Whole Brain Teaching, Ability to Understand Concepts
Actions (login required)
- View Item