Qutratuain, Nadia Alayda
(2024)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP DIMENSI KREATIF PROFIL PELAJAR PANCASILA
(Studi Quasi Eksperimen Pada Muatan IPAS Materi Bab 7 Topik C di Kelas IV SDN 1 Awirarangan Tahun Ajaran 2023/2024).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya dimensi kreatif profil pelajar pancasila peserta didik pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan dimensi kreatif profil pelajar pancasila antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran project based learning (kelas eksperimen) dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction (kelas kontrol), (2) perbedaan peningkatan dimensi kreatif profil pelajar pancasila antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran project based learning (kelas eksperimen) dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction (kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain non-equivalent control group. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Awirarangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa esay dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat stastik, uji t dan uji n-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan dimensi kreatif profil pelajar pancasila antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran project based learning (kelas eksperimen) dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction (kelas kontrol), hal tersebut dapat dilihat berdasarkan uji independent t-test diperoleh hasil T_hitung (3,185)> T_tabel (2,024) sehingga H_1 diterima, (2) terdapat perbedaan peningkatan dimensi kreatif profil pelajar pancasila antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran project based learning (kelas eksperimen) dengan peserta didik yang menggunakan model direct instruction (kelas kontrol), yang dibuktikan dengan perhitungan n-Gain pada kelas eksperimen memperoleh nilai n-Gain 0,70 dan nilai pada kelas kontrol sebesar 0,49.
Kata kunci: Project Based Learning, Dimensi Kreatif, Profil Pelajar Pancasila, IPAS.
The background in this study is the low level of creative dimensions in the Pancasila student profile of students in Natural and Social Sciences (IPAS) content which is caused by the use of learning models that are less attractive. This research aims to describe: (1) the differences in the creative dimensions of Pancasila student profiles between students who apply the project based learning learning model (experimental class) and students who use the direct instruction model (control class), (2) differences in increasing the creative dimension of the Pancasila student profile between students who apply the project based learning learning model (experimental class) and students who use the direct instruction model (control class). This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental research type and a non-equivalent control group design. The subjects in this research were class IV students at SD Negeri 1 Awirarangan. The data collection technique used in this research was a test instrument in the form of an essay and observations. The data analysis techniques used in this research are the static prerequisite test, t test and n-Gain test. The results of this research show that (1) there are differences in the creative dimensions of Pancasila student profiles between students who apply the project based learning learning model (experimental class) and students who use the direct instruction model (control class), this can be seen based on the independent t test results obtained T_count (3,185)> T_table (2,024) so that H_1 was accepted, (2) there was a difference in the increase in the creative dimension of the Pancasila student profile between students who applied the project based learning model (experimental class) and students who used the Direct Instruction model (control class), as evidenced by the n-Gain calculation in the experimental class which obtained an n-Gain value of 0.70 and a value in the control class of 0.49.
Keywords: Project Based Learning, Creative Dimensions, Pancasila Student Profile, IPAS.
Actions (login required)
- View Item