Ismiranti, Atin
(2024)
PENGARUH MEDIA CANVA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA
(Studi Quasi Eksperimen di kelas I SDN 1 Cimaranten Kec. Cipicung Kab. Kuningan.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa, dan kurang kreatif mengenai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas yang menggunakan media canva audio visual dengan kelas yang menggunakan power point, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas yang menggunakan media canva audio visual dengan kelas yang menggunakan power point. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes pretest, posttest, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan siswa yang menggunakan media canva audio visual dengan siswa yang menggunakan media power point. Hal ini ditandai dengan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh Thitung (4,461) > Ttabel (1,687). Selain itu, peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa ditunjukkan dengan hasil N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen yaitu 0,77. Sedangkan untuk kelas kontrol 0,45. Sehingga terdapat peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yang menggunakan media canva audio visual dengan siswa yang menggunakan media power point. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media canva audio visual efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa di kelas I SDN 1 Cimaranten.
Kata Kunci : Kemampuan membaca permulaan, Media canva audio visual, Bahasa Indonesia
This research was motivated by the low initial reading ability of students, and lack of creativity about learning media. The objectives of this study are (1) To determine the difference in students' initial reading skills in classes that use audio visual canva media with classes that use power points, (2) To determine the improvement of students' initial reading skills in classes that use audio visual canva media with classes that use power point. Data collection techniques consist of pretest, posttest, documentation and interview tests. The data analysis techniques used in this study are normality test, homogeneity, hypothesis test, and N-Gain test. The results of this study showed that there were differences in the initial reading ability of students who used audio visual canva media with students who used power point media. This is characterized by the calculation results using the t test obtained Tcount (4.461) > Ttabel (1.687). In addition, the increase in students' initial reading ability was shown by the N-Gain results obtained by the experimental class, which was 0.77. As for the control class 0.45. So that there is an increase in the initial reading ability of students who use audio visual canva media with students who use power point media. So it can be concluded that the use of audio-visual canva media is effective in improving the initial reading skills of students in grade I SDN 1 Cimaranten.
Keywords : Beginning reading ability, Audio visual canva media, Indonesian
Actions (login required)
- View Item