Meilawati, Vina
(2024)
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN
(Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas V Materi Pecahan di SD Negeri 3 Purwawinangun).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal cerita matematika pada materi pecahan berdasarkan teori Newman di kelas V SDN 3 Purwawinangun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian masing-masing kelas V A dan V B yaitu 3 orang siswa yang dipilih dari tiga kelompok yang berbeda yaitu 1 dari kelompok dengan kesalahan terbanyak, 1 dari kelompok dengan kesalahan sedang dan 1 dari kelompok dengan kesalahan terendah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita materi pecahan adalah : (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, (5) kesalahan peniisan jawaban. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu : (a) tidak memahami konsep operasi pecahan, (b) lupa, tidak teliti dan tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal cerita.
Kata kunci : Analisis kesalahan siswa, teori Newman, soal cerita, pecahan, faktor penyebab.
This research aims to describe the mistakes made by students in solving mathematics story problems on fractions based on Newman's theory in class V at SDN 3 Purwawinangun. This research is a qualitative descriptive study. The research subjects for each class V A and V B were 3 students selected from three different groups, namely 1 from the group with the most errors, 1 from the group with medium errors and 1 from the group with the lowest errors. Data collection was carried out by interviews and documentation. Data validity testing was carried out using triangulation techniques. Data were analyzed using the stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the research results, it can be concluded that the types of errors that arise when students solve story problems on fractions are: (1) reading errors, (2) errors in understanding the problem (3) transformation errors, (4) processing skills errors, (5) encoding errors. The factors that cause students to make mistakes are: (a) not understanding the concept of fraction operations, (b) forgetting, not being careful and rushing to solve story problems.
Keywords : Analysis of student errors, Newman theory, word problems, fractions, causal factors.
Actions (login required)
- View Item