Istiqomah, Meiyra
(2024)
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DALAM PENGELOLAAN PEMASARAN PRODUK BERBASIS OLAP (STUDI KASUS: TOKO AGNIA PLASTIK).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Setiap perusahaan termasuk toko retail memiliki tujuan yang sama, yang diperoleh melalui penjualan produk atau layanan kepada pelanggan. Proses bisnis seringkali berjalan dengan pola dimana transaksi dianggap sebagai akhir dari interaksi pelanggan dan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memudahkan Toko Agnia Plastik dalam meningkatkan pengelolaan pemasaran produk baik penjualan maupun promosi secara online dan dapat memperluas jangkauan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan RAD dan metode penyelesaian masalah yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya Operational Customer Relationship Management (CRM) untuk membangun dan mempertahankan hubungan pelanggan dan OLAP untuk melakukan analisis data yang lebih kompleks dan mendalam. Fitur-fitur utama aplikasi ini meliputi antarmuka, pemesanan, chat, ulasan, dan opsi pembayaran yang aman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website yang dirancang memungkinkan dapat meningkatkan pengelolaan promosi dan penjualan secara online, memperluas jangkauan pelanggan, dan menyediakan alat analisis yang memudahkan toko dalam menganalisis data penjualan dan performa produk. Dengan demikian, implementasi Operational CRM berbasis OLAP di Toko Agnia Plastik terbukti membantu toko dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran.
Every company, including retail stores, has the same goal, which is obtained through the sale of products or services to customers. Business processes often run in a pattern where transactions are considered the end of customer and company interactions. The purpose of this research is to make easier for Agnia Plastic Stores to improve product marketing management, both sales and promotions, online and it can expand customer reach. This research uses the RAD development approach and the problem-solving methods used in this research is Operational Customer Relationship Management (CRM) to build and maintain customer relationships and OLAP to perform more complex and in-depth data analysis. The main features of the app include an interface, order, chat, reviews, and secure payment options. The results of the research show that an e-commerce website designed allows to improve the management of online promotions and sales, expand customer reach, and provide analytical tools that make it easier for stores to analyze sales data and product performance. Thus, the implementation of OLAP-based Operational CRM at Agnia Plastik Store has proven to help the store in improving services to customers and optimizing marketing strategies.
Actions (login required)
- View Item