Utami, Salsabila
(2024)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC
(READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE)
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Studi Quasi Experiment Pada Muatan IPA Kelas IV SDN 2 Cihideunghilir
Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SDN 2 Cihideunghilir. Hal tersebut diketahui dari studi dokumentasi awal bahwa masih adanya siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang manggunakan model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experiment dengan desain one group pretest posttest design. Data diambil dari siswa kelas IV yang merupakan subjek penelitian di SDN 2bCihideunghilir berjumlah 31 siswa pada kelas eksperiment dan 30 siswa pada kelas kontrol. dentifikasi variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, model pembelajaran RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat (Y). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri, dan (2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran RADEC dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Hal ini dibuktikan dengan kelas eksperimen yang lebih unggul dari pada kelas kontrol, maka dengan menggunakan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan pada IPA di kelas IV SD Negeri 2 Cihideunghilir.
Kata Kunci : RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create), Hasil Belajar.
The problem behind this research is the low learning outcomes of students at SDN 2 Cihideunghilir. It is known from the initial documentation study that there are still students who have not reached the predetermined KKM, namely 70. This research aims to 1) To determine the differences in student learning outcomes between classes that use the RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) learning model ) and classes that use the Inquiry learning model, 2) To determine the difference in the increase in student learning outcomes between classes that use the RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) learning model and classes that use the Inquiry learning model. The research method used is Quasy Experiment with a one group pretest posttest design. Data was taken from class IV students who were research subjects at SDN 2 Cihideunghilir totaling 31 students in the experimental class and 30 students in the kontrol class. Identify the variables used in this research, namely, the RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create) learning model as the independent variable (X) and student learning outcomes as the dependent variable (Y). The instruments used to collect data are tests and observations. The data analysis techniques in this research are normality testing and hypothesis testing. The results of research and hypothesis testing show that: (1) There are differences in student learning outcomes between classes that use the RADEC learning model and classes that use the Inquiry learning model, and (2) There is an increase in student learning outcomes between classes that use the RADEC learning model and classes that use the RADEC learning model. using the Inquiry learning model. This is proven by the experimental class being superior to the control class, so using the RADEC learning model can significantly improve student learning outcomes in science in class IV of SD Negeri 2 Cihideunghilir.
Keywords: RADEC (Read-Answer-Discuss-Explain-Create), Learning Outcomes.
Actions (login required)
- View Item