Firmansyah, Ferdiana
(2025)
PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA NISYA BATIK KUNINGAN
(Survey pada Masyarakat Kabupaten Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan penjualan Nisya Batik selama periode 2018-2023. Penurunan penjualan ini mengindikasikan adanya penurunan keputusan pembelian konsumen pada produk Batik Kuningan sehingga dalam penelitian ini dapat dirumuskan bagaimana konsumen mengambil keputusan untuk membeli Batik Kuningan di tengah fenomena persaingan yang semakin ketat berdasarkan bauran pemasaran yaitu citra merek, kualitas produk dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Nisya Batik Kuningan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei serta kuesioner jenis purposive sampling terhadap 100 responden yaitu pengguna Nisya Batik Kuningan di Kabupaten Kuningan. Analisis terdiri dari analiis deskriptif, uji asumsi kalasik (uji normalitas, uji multikolinearitas), uji regresi ganda dan uji kefisien determinasi analisis jalur dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, kualitas produk dan promosi berpengaruh positif dan signiftikan secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian Nisya Batik Kuningan.
Kata Kunci: Citra Merek, Kaulitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian
This research was motivated by the decline in sales of Nisya Batik during the 2018-2023 period. This decline in sales indicates a decrease in consumer purchasing decisions on Kuningan Batik products so that in this study it can be formulated how consumers make decisions to buy Kuningan Batik amid the phenomenon of increasingly fierce competition based on the marketing mix, namely brand image, product quality and promotion. The purpose of this study is to determine the influence of brand image, product quality and promotion on the purchasing decision of Nisya Batik Kuningan. The method used in this study is quantitative with survey methods and purposive sampling questionnaires on 100 respondents, namely Nisya Batik Kuningan users in Kuningan Regency. The analysis consists of descriptive analysis, calasic assumption test (normality test, multicollinearity test), multiple regression test and path analysis determination coefficient test with the help of SPSS version 25 application. The results showed that brand image, product quality and promotion had a positive and significant effect partially or simultaneously on the purchase decision of Nisya Batik Kuningan.
Keywords: Brand image, product quality, promotion, purchase decision
Actions (login required)
- View Item