Wilujeng, Ayuning
(2024)
PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS V
(Studi Quasi Eksperiment Pada Mata Pelajaran PKN Di SD Negeri IV Kuningan Kec. Kuningan Kab Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Reward and Punishment terhadap disiplin belajar siswa pada mata Pelajaran PKN kelas V SDN IV Kuningan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, teknik tes tulis berupa angket, teknik uji coba instrument dan teknnik analisis data. Analisisi data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, Uji n-gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) setelah dilakukan analisis berupa angket, diketahui model pembelajaran Reward and Punishment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap disiplin belajar siswa mata Pelajaran PKN kelas V SDN IV Kuningan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka diperoleh rata-rata disiplin belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. (2) Keberhasilan dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model
pembelajaran Reward and Punishment sangat berpengaruh, karena model pembelajaran ini menekankan keaktifan siswa untuk bekerja sama dan membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyanangkan dan lebih nyaman dan menekankan siswa untuk meningkatkan kesadaran diri terhadap peraturan sehingga disiplin belajar siswa terjadi perubahan dan peningkatan.
This research aims to determine whether or not there is an influence of the Reward
and Punishment learning model on student learning discipline in class V PKN
subjects at SDN IV Kuningan. The method used in this research is Quasi
Experiment. Data collection techniques are through interviews, written test
techniques in the form of questionnaires, instrument testing techniques and data
analysis techniques. Analyze the data using Normality Test, Homogeneity Test,
Hypothesis Test, n-gain Test. Based on the research results, it can be concluded
that: (1) after analysis in the form of a questionnaire, it is known that the Reward
and Punishment learning model has a significant influence on the learning
discipline of students in class V PKN subjects at SDN IV Kuningan. Based on the
data analysis carried out, it was obtained that the average learning discipline of
students in the experimental class was higher than that of students in the control
class who were not treated. (2) Success in the learning process by applying the
Reward and Punishment learning model is very influential, because this learning
model emphasizes students' activeness in working together and makes the learning
atmosphere more enjoyable and more comfortable and emphasizes students to
increase self-awareness of the rules so that students are disciplined in learning
changes and improvements occur.
Actions (login required)
- View Item