Sudiatmaja, I Putu
(2024)
PENGARUH PENILAIAN KINERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI KERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KUNINGAN.
S2 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
ABSTRAK
Prestasi kerja ASN memberikan kontribusi yang tinggi pada pelaksanaan birokrasi yang efektif dan efisien. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi kerja ASN, dalam konteks ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan, penggunaan aplikasi SIJAPATI sebagai alat untuk penilaian kinerja memiliki peran tersendiri dalam meningkatkan prestasi kerja ASN, selain itu kompetensi ASN dan kepuasan kerja juga secara teoritis memiliki peran dalam mempengaruhi prestasi kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penilaian kinerja dan kompetensi kerja terhadap prestasi kerja yang dimediasi oleh kepuasan kerja, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan metode SEM-PLS dengan bantuan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kinerja baik secara langsung maupun tidak langsung yang dimediasi oleh kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi kerja. Demikian juga dengan kompetensi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja baik secara langsung maupun tidak langsung dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai wawasan untuk meningkatkan wawasan sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja organisasi secara keseluruhan di Sekretariat Daerah Kabupaten Kuningan.
Kata Kunci: Penilaian Kinerja; Kompetensi; Kepuasan Kerja; Prestasi Kerja; Kinerja Organisasi
ABSTRACT
Civil servants' job performance contributes significantly to the effective and efficient implementation of bureaucracy. Several factors can influence civil servants' job performance. In the context of civil servants within the Secretariat of Kuningan District, the use of the SIJAPATI application as a tool for performance assessment plays a distinct role in improving job performance. Additionally, civil servants' competencies and job satisfaction theoretically influence job performance. The aim of this study is to examine the influence of performance assessment and job competency on job performance, mediated by job satisfaction, both partially and simultaneously. The research method used is quantitative descriptive, with data collected using a questionnaire and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM-PLS) with the SmartPLS application. The results indicate that performance assessment, whether direct or mediated by job satisfaction, has a significant positive impact on job performance. Similarly, competency has a positive and significant impact on job performance, both directly and indirectly through job satisfaction as a mediating variable. These findings can be used to enhance insights aimed at improving the overall effectiveness and efficiency of organizational performance at the Secretariat of Kuningan District.
Keywords: Performance Assessment; Competency; Job Satisfaction; Job Performance; Organizational Performance
Actions (login required)
- View Item