Ammardiansyah, Alvin Hanannaufal
(2024)
RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN PADA HEWAN MENGGUNAKAN ALGORITMA SPEEDED-UP ROBUST FEATURES (SURF) BERBASIS AUGMENTED REALITY
(Studi Kasus : SD Negeri 2 Bojong).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Namun, dalam pembelajaran materi sistem pernapasan pada hewan, terdapat kendala karena proses pembelajaran masih terbatas. Media pembelajaran yang digunakan sebagian besar bersumber dari buku paket yang hanya berisi gambar-gambar dua dimensi (2D), di mana objek hanya dapat ditampilkan dari tampak depan. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan memahami perspektif objek pada materi sistem pernapasan hewan. Selain itu, tidak adanya fasilitas seperti alat peraga atau boneka replika model anatomi hewan menyebabkan materi pembelajaran tidak tersampaikan dengan baik, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Untuk mengatasi permasalahan ini, dibutuhkan teknologi baru yang dapat menyediakan media pembelajaran alternatif dengan visualisasi yang lebih baik. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah augmented reality, dengan algoritma Speeded-Up Robust Features (SURF) untuk mendeteksi marker. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode RUP (Rational Unified Process) dan perancangan menggunakan UML (Unified Modeling Language). Berdasarkan hasil UAT, dengan nilai persentase 86,6%, aplikasi augmented reality pada pembelajaran sistem pernapasan pada hewan menggunakan algoritma Speeded-Up Robust Features (SURF) dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang membantu siswa kelas V di SD Negeri 2 Bojong dalam memahami materi sistem pernapasan pada hewan.
Learning involves assistance provided by educators to facilitate the acquisition of knowledge, mastery of skills and habits, and the formation of attitudes and beliefs in students. However, in teaching materials about the respiratory system in animals, there are obstacles due to limitations in the learning process. Most of the learning media used come from textbooks that contain only two-dimensional (2D) pictures, which display objects solely from the front view. This makes it difficult for students to understand the perspectives of objects in the animal respiratory system. Additionally, the absence of facilities such as props or replica models of animal anatomy means that the learning material is not effectively conveyed, resulting in students not fully understanding the content presented. To address this issue, new technology that offers alternative learning media with better visualization is required. One such technology is augmented reality, which uses the Speeded-Up Robust Features (SURF) algorithm to detect markers. The development of this application follows the Rational Unified Process (RUP) method, and the design utilizes Unified Modeling Language (UML). Based on User Acceptance Testing (UAT) results, with a percentage value of 86.6%, the augmented reality application for learning the respiratory system in animals, using the SURF algorithm, has proven to be an effective alternative learning medium. It helps fifth-grade students at SD Negeri 2 Bojong better understand the material on the respiratory system in animals.
Actions (login required)
- View Item