MOCHAMAD FALLAH, YANG YANG
(2024)
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Survey pada siswa kelas X mata pelajaran ekonomi di SMA Negri 1 Kuningan).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh Gaya Belajar terhadap hasil belajar siswa , (2) mendeskripsikan pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa, serta (3) mendesripsikan pengaruh Gaya Belajar dan efikasi diri terhaadap hasil belajaer siswa kelas X di SMAN 1 Kadugede. Metode penelitian yanag digunakan dalam penelitian ini adalah Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa /siswi kelas X di SMAN 1 Kadugede , dan sampel penelitian ini yang berjunlah 220 orang siswa /sisiwi. 150 siswa /siswi sebagai sampel eksperimen dan 70 siswa /siswi sebagai kelas control. Instrumen ini digunaakan dalam penelitian ini berupa penyebaran angket dengan item pada variabel Gaya Belajar terdapat 15 pernyataan dan efikasi diri 15 pernyaataan. Berdasarkan pengolahan data, variabel Gaya Belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai uji t lebih kecil dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,981 > 1,651 sedangkan hasil dari pengolahan data efikasi diri juga berpengaruh dan signiffikan terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t < t tabel yaitu sebesar 1,996 > 0,05. karena t hitung yang diperoleh lebih kecil dari r tabel maka berpengaruh dan signiffikan dari Gaya Belajar arga dan efikasi diri terhadap hasil belajar . hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kadugede dapat mempengaruhi Gaya Belajar dan efikasi diri. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa Gaya Belajar dan efikasi diri dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam memperoleh hasil belajar yang baik ataupun buruk.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Efikasi Diri, Hasil Belajar
This research aims to (1) describe the influence of Learning Style on student learning outcomes, (2) describe the influence of self-efficacy on student learning outcomes, and (3) describe the influence of Learning Style and self-efficacy on the learning outcomes of class X students at SMAN 1 Kadugede. The research method used in this research is survey. The population in this study were class X students at SMAN 1 Kadugede, and the sample for this study consisted of 220 students. 150 students as the experimental sample and 70 students as the control class. This instrument was used in this research in the form of distributing a questionnaire with items on the Learning Style variable containing 15 statements and self-efficacy 15 statements. Based on data processing, the Learning Style variable influences student learning outcomes with a t test value smaller than the t table value, namely 2.981 > 1.651, while the results of self-efficacy data processing also have a significant and significant influence on student learning outcomes with t test results < t table, namely equal to 1.996 > 0.05. because the t count obtained is smaller than the r table, it has a significant and significant influence on learning styles and self-efficacy on learning outcomes. This shows that the learning outcomes of class X students at SMAN 1 Kadugede can influence Learning Style and self-efficacy. Based on the results of questionnaire data processing, it is known that Learning Style and self-efficacy can influence student learning outcomes in obtaining good or bad learning outcomes.
Keywords: Learning Style, Self-Efficacy, Learning Outcomes
Item Type: |
Thesis
(S1 / D3)
|
Uncontrolled Keywords: |
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengaruh Gaya Belajar terhadap hasil belajar siswa , (2) mendeskripsikan pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa, serta (3) mendesripsikan pengaruh Gaya Belajar dan efikasi diri terhaadap hasil belajaer siswa kelas X di SMAN 1 Kadugede. Metode penelitian yanag digunakan dalam penelitian ini adalah Survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa /siswi kelas X di SMAN 1 Kadugede , dan sampel penelitian ini yang berjunlah 220 orang siswa /sisiwi. 150 siswa /siswi sebagai sampel eksperimen dan 70 siswa /siswi sebagai kelas control. Instrumen ini digunaakan dalam penelitian ini berupa penyebaran angket dengan item pada variabel Gaya Belajar terdapat 15 pernyataan dan efikasi diri 15 pernyaataan. Berdasarkan pengolahan data, variabel Gaya Belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan nilai uji t lebih kecil dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,981 > 1,651 sedangkan hasil dari pengolahan data efikasi diri juga berpengaruh dan signiffikan terhadap hasil belajar siswa dengan hasil uji t < t tabel yaitu sebesar 1,996 > 0,05. karena t hitung yang diperoleh lebih kecil dari r tabel maka berpengaruh dan signiffikan dari Gaya Belajar arga dan efikasi diri terhadap hasil belajar . hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Kadugede dapat mempengaruhi Gaya Belajar dan efikasi diri. Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa Gaya Belajar dan efikasi diri dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dalam memperoleh hasil belajar yang baik ataupun buruk.
Kata Kunci : Gaya Belajar, Efikasi Diri, Hasil Belajar
This research aims to (1) describe the influence of Learning Style on student learning outcomes, (2) describe the influence of self-efficacy on student learning outcomes, and (3) describe the influence of Learning Style and self-efficacy on the learning outcomes of class X students at SMAN 1 Kadugede. The research method used in this research is survey. The population in this study were class X students at SMAN 1 Kadugede, and the sample for this study consisted of 220 students. 150 students as the experimental sample and 70 students as the control class. This instrument was used in this research in the form of distributing a questionnaire with items on the Learning Style variable containing 15 statements and self-efficacy 15 statements. Based on data processing, the Learning Style variable influences student learning outcomes with a t test value smaller than the t table value, namely 2.981 > 1.651, while the results of self-efficacy data processing also have a significant and significant influence on student learning outcomes with t test results < t table, namely equal to 1.996 > 0.05. because the t count obtained is smaller than the r table, it has a significant and significant influence on learning styles and self-efficacy on learning outcomes. This shows that the learning outcomes of class X students at SMAN 1 Kadugede can influence Learning Style and self-efficacy. Based on the results of questionnaire data processing, it is known that Learning Style and self-efficacy can influence student learning outcomes in obtaining good or bad learning outcomes.
Keywords: Learning Style, Self-Efficacy, Learning Outcomes |
Subjects: |
L Education > L Education (General) |
Divisions: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: |
S.Pd YANG YANG MOCHAMAD FALLAH
|
Date Deposited: |
03 Oct 2024 06:59 |
Last Modified: |
03 Oct 2024 06:59 |
URI: |
https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1238 |
Actions (login required)
- View Item