Nurfitri, Silvi Eka (2024) EFEKTIVITAS QUIZIZZ MODE LEMBAR KERTAS SEBAGAI MEDIA PENILAIAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENYIMAK (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 3 Purwawinangun Tahun Ajaran 2023/2024). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah terdapat permasalahan dalam hasil belajar keterampilan menyimak siswa yang disebabkan oleh penggunaan media penilaian yang kurang bervariatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) perbedaan hasil belajar keterampilan menyimak antara kelas yang menggunakan media quizizz mode lembar kertas dengan kelas yang menggunakan media audio, (2) peningkatan hasil belajar keterampilan menyimak antara kelas yang menggunakan media quizizz mode lembar kertas dengan kelas yang menggunakan media audio, (3) respons peserta didik dalam menggunakan quizizz lembar kertas sebagai media penilaian keterampilan menyimak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini ada media quizizz mode lembar kertas sebagai variabel bebas dan hasil belajar keterampilan menyimak sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA dengan jumlah 20 siswa (kelas eksperimen) dan siswa kelas VB dengan jumlah 22 siswa (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa soal pilihan ganda dan lembar angket yang berisi respons siswa sebagai data pendukung. Analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji t), dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan menyimak antara kelas yang menggunakan media quizizz mode lembar kertas dengan kelas yang menggunakan media audio, (2) terdapat peningkatan hasil belajar keterampilan menyimak antara kelas yang menggunakan media quizizz mode lembar kertas dengan kelas yang menggunakan media audio, (3) respons peserta didik terhadap penggunaan Quizizz mode lembar kertas sebagai media penilaian keterampilan menyimak positif, dilihat dari hasil angket yang telah dibagikan berisikan 10 pernyataan positif dengan indikator praktis, efisiensi, dan memiliki daya tarik.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan Menyimak, Quizizz Mode Lembar Kertas

The background of this research is the issue in students' listening skills learning outcomes caused by the lack of variety in assessment media. This study aims to identify and describe (1) the differences in listening skills learning outcomes between classes using Quizizz in paper mode and classes using audio media, (2) the improvement in learning outcomes for listening skills between classes using Quizizz paper mode and classes using audio media, and (3) students' responsses to using Quizizz in paper mode as an assessment medium for listening skills.The research method used in this study is quasi-experimental with a non-equivalent control group design. The variables in this study are Quizizz in paper mode as the independent variable and listening skills learning outcomes as the dependent variable. The subjects of this research are VA grade students, consisting of 20 students (experimental class), and VB grade students, consisting of 22 students (control class). The instruments used in this study are multiple-choice tests and questionnaires containing students responsses as supporting data. The data analysis methods used are the normality test, homogeneity test, hypothesis test (t-test), and N-Gain test. The results of this study indicate that (1) there is a difference in listening skills learning outcomes between classes using Quizizz in paper mode and classes using audio media, (2) there is an improvement in listening skills learning outcomes between classes using Quizizz in paper mode and classes using audio media, and (3) the students responsse to the use of Quizizz in paper mode as an assessment tool for listening skills was positive. This conclusion is based on the results of a questionnaire distributed, which contained 10 positive statements with indicators of practicality, efficiency, and attractiveness.
Keywords: Learning Outcomes, Listening Skills, Quizizz Paper Mode

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keterampilan Menyimak, Quizizz Mode Lembar Kertas Learning Outcomes, Listening Skills, Quizizz Paper Mode
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.Pd Silvi Eka Nurfitri
Date Deposited: 27 Sep 2024 08:27
Last Modified: 27 Sep 2024 08:27
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1108

Actions (login required)

View Item
View Item