Arofah, Intan Siti
(2024)
PERBANDINGAN MUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2021 DAN TERBITAN ERLANGGA TAHUN 2021.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan muatan Profil Pelajar Pancasila yang perlu dimiliki siswa. Buku teks merupakan salah satu media pembelajaran untuk mengembangkan wawasan dan menanamkan karakter. Rumusan masalah bagaimana muatan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud dan terbitan Erlangga tahun 2021, serta bagaimana perbandingan nilai karakter Profil Pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui muatan Profil Pelajar Pancasila dalam buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud tahun 2021 dan terbitan Erlangga tahun 2021 terbitan Erlangga tahun 2021 Kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif dengan teknik pemerolehan data berupa dokumentasi, yaitu buku teks bahasa Indonesia terbitan Kemendikbud dan terbitan Erlangga. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dengan cara mengkaji teori mengenai muatan Profil Pelajar Pancasila, memebaca dengan teliti data yang etrdaoat dalam buku teks, menendai teks yang mengandung muatan Profil Pelajar Pancasila, menganalisis teks menggunakan instrumen tabel yang telah dibuat, selanjutnya mendeskripsikan hasil temuan muatan Profil Pelajar Pancasila. Hasil penelitian, berdasarkan proses analisis tersebut menghasilkan simpulan bahwa buku teks bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka terbitan Kemendikbud tahun 2021 dan terbitan Erlangga tahun 2021 menunjukan perbedaan dalam pendekatan di setiap dimesinya. Secara umum, terdapat beberapa penggunaan muatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kemendikbud tahun 2021 dan Erlangga tahun 2021 dan Erlangga tahun 2021, dalam buku tersebut cenderung fokus pada dimensi bernalar kritis, cenderung pada elemen yang berbeda. Pada buku Kemendikbud tahun 2021 cenderung pada elemen memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, sedangkan pada buku teks Erlangga lebih cenderung pada elemen merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri. Keduanya menekankan pada penggunaan soal sebagai sarana utama dalam pengguaan muatan Profil Pelajar Pancasila.
Kata kunci : Buku teks, kurikulum, Muatan Profil Pelajar Pancasila, Pendidikan.
This research is motivated by the needs of the Pancasila Student Profile content that students need to have. Textbooks are a learning medium for developing insight and instilling character. Formulation of the problem of how the character values of the Pancasila Student Profile are contained in the Indonesian language textbook for class VIII Independent Curriculum published by the Ministry of Education and Culture and published by Erlangga in 2021, as well as how the character values of the Pancasila Student Profile are compared. The aim of this research is to determine the content of the Pancasila Student Profile in Indonesian language textbooks published by the Ministry of Education and Culture in 2021 and Erlangga published in 2021, published in Erlangga in 2021, the Merdeka Curriculum. The research method used in this research is a qualitative descriptive method with data collection techniques in the form of documentation, namely Indonesian language textbooks published by the Ministry of Education and Culture and published by Erlangga. The steps taken include studying the theory regarding the content of the Pancasila Student Profile, carefully reading the data contained in the textbook, marking texts containing the content of the Pancasila Student Profile, analyzing the text using the tabular instrument that has been created, then describing the findings of the Profile content. Pancasila students. The results of the research, based on the analysis process, resulted in the conclusion that the Indonesian language textbooks for class VIII Merdeka Curriculum published by the Ministry of Education and Culture in 2021 and those published by Erlangga in 2021 show differences in approach in each of the machines. In general, there are several uses for the contents of the Pancasila Student Profile in the Ministry of Education and Culture in 2021 and Erlangga in 2021 and Erlangga in 2021, in these books tend to focus on the dimensions of critical reasoning, tending to be on different elements. In the 2021 Ministry of Education and Culture book it tends to be on the element of obtaining and processing information and ideas, while in the Erlangga textbook it tends to be more on the element of reflecting and evaluating one's own thoughts. Both emphasize the use of questions as the main means of using the content of the Pancasila Student Profile.
Keywords: Textbooks, Curriculum, Pancasila Student Profile Content, Education.
Actions (login required)
- View Item