Nurmala, Siti
(2024)
IMPLEMENTASI ALGORITMA LINEAR CONGRUENTIAL GENERATOR (LCG) PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PENGHAFALAN JUZ AMMA BERBASIS ANDROID. (Studi Kasus : TPA Al-Hikmah Majalengka).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) adalah lembaga pendidikan dan pengajaran islam bagi anak-anak usia 7-12 tahun, yang bertujuan untuk menjadikan anak mampu membaca Al-Qur’an khususnya Juz Amma dengan baik dan benar sesuai dengan makharijul khuruf dan ilmu tajwidnya. (Tuarnila dkk., 2019). Metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an atau penghafalan Juz Amma di TPA Al-Hikmah Majalengka menggunakan metode pengajaran dengan cara menulis di papan tulis lalu dibaca secara bersama-sama. Pengasuh TPA Al-Hikmah memaparkan bahwasannya metode tersebut sudah bisa membuat anak-anak menghafal surat-surat dalam Juz Amma, akan tetapi hafalan tersebut tidak bertahan lama, dimana pada pertemuan berikutnya banyak anak-anak yang sudah lupa akan hafalan yang telah dihafal pada pertemuan sebelumnya, maka dibutuhkan sebuah media alternatif pembelajaran dimana pengguna dapat mengulang hafalan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media alternatif pembelajaran berbasis aplikasi android dengan menerapkan algoritma Linear Congruental Generator (LCG) sebagai metode pengacakan soal. Untuk pembuatan aplikasi yaitu flutter dan menggunakan bahasa pemrograman dart. Metodologi yang digunakan yaitu metode prototype. dan terdiri dari 3 tahapan diantaranya listen to customer, build and revise mock-up, customer test drives mock-up. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android untuk membantu penghafalan Juz Amma bagi siswa di TPA Al-Hikmah. Dengan adanya aplikasi ini dapat membantu siswa TPA untuk mengingat kembali hafalan Juz Amma sebelumnya dan dapat memudahkan pengajar untuk melakukan proses evaluasi.
Al-Qur'an Education Park (TPA) is an Islamic educational and teaching institution for children aged 7-12 years, aiming to help children read the Al-Qur'an, particularly Juz Amma, correctly according to the makharijul khuruf and their knowledge of recitation (Tuarnila et al., 2019). At TPA Al-Hikmah Majalengka, the method used for teaching reading, writing, and memorizing Juz Amma involves writing on a blackboard and reading together. The Al-Hikmah TPA teacher noted that while this method helps children memorize the letters in Juz Amma, the memorization often does not last; many children forget what they have memorized by the next meeting. Thus, there is a need for alternative learning media that allows users to review previous memorization. This research aims to create an alternative learning medium based on an Android application, utilizing the Linear Congruential Generator (LCG) algorithm for randomizing questions. The application is developed using the Flutter and the Dart programming language. The methodology employed is the prototype method, which consists of three stages: listening to customers, building and revising mock-ups, and customer test drives of the mock-ups. This research results in an Android-based learning medium designed to help students at TPA Al-Hikmah memorize Juz Amma. The application assists students in recalling previous memorization and makes it easier for teachers to conduct the evaluation process.
Actions (login required)
- View Item