RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN VOCABULARY UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE UNTUK PENGACAKAN SOAL BERBASIS ANDROID
(Studi Kasus : RA Al Istiqomah)
Dikna Dwi Suci, Yati Nurhayati, Sherly Gina Supratman
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Kuningan
Jl. Pramuka No.67, Purwawinangun, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45512
[email protected], [email protected], [email protected]
Abstrak
Raudhatul Athfal (RA) Al-Istiqomah adalah sekolah TK di Kuningan, Jawa Barat, yang mengajarkan pengenalan vocabulary Bahasa Inggris seperti pengenalan huruf, angka, warna, buah dan benda. Dalam proses pembelajaran, media yang digunakan hanya bersumber dari buku LKA dan materi yang diberikan oleh guru dengan metode ceramah, yaitu penjelasan secara langsung menggunakan acuan modul atau RPPH yang ada di RA Al-Istiqomah, dengan menggunakan media tersebut siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Pemberian tugas yang kurang bervariasi dan kurang memahami tingkat kesulitan soal, membuat perkembangan kognitif siswa belum maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran alternatif agar dapat membantu siswa dalam memahami materi pengenalan vocabulary Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membuat media pembelajaran alternatif berbentuk aplikasi pengenalan vocabulary berbasis android dengan mengimplementasikan Algoritma Fisher Yates Shuffle sebagai pengacakan soal dalam fitur quiz sehingga siswa tidak mendapatkan susunan soal yang sama. Pada aplikasi terdapat fitur profil, study, quiz, dan history. Metode pengembangan yang digunakan dalam membuat apikasi ini yaitu extreme programming (XP), sedangkan perancangannya menggunakan UML (Unified Modeling Language). Berdasarkan hasil pengujian UAT dari siswa dengan presentasi 95,5% menyatakan bahwa aplikasi pengenalan vocabulary Bahasa Inggris ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternative pengenalan vocabulary Bahasa Inggris di RA Al-Istiqomah.
Kata Kunci : Vocabulary, Android, Algoritma Fisher Yates Shuffle, XP.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN VOCABULARY UNTUK ANAK-ANAK MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE UNTUK PENGACAKAN SOAL BERBASIS ANDROID
(Studi Kasus : RA Al Istiqomah)
Dikna Dwi Suci, Yati Nurhayati, Sherly Gina Supratman
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Kuningan
Jl. Pramuka No.67, Purwawinangun, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45512
[email protected], [email protected], [email protected]
Abstract
Raudhatul Athfal (RA) Al-Istiqomah is a kindergarten that introduces English in the classroom. The subject include alphabet, numbers, colors, fruits, and objects. In the learning process, the media used is only sourced from the LKA books and materials provided by the teacher through the lecture method, which involves direct explanations using references from the existing module or RPPH at RA Al-Istiqomah. Though this media, students find it difficult to understand the material presented. The lack of variety in assignments and insufficient understanding of the difficulty levels of questions hinder the students' cognitive development. Therefore, alternative learning media are needed to help students understand vocabulary recognition material. The aim of this research is to create an alternative learning medium in the form of an Android-based vocabulary recognition application, implementing the Fisher-Yates Shuffle Algorithm for randomizing questions in the quiz feature so that students do not receive the same set of questions. The application includes profile, study, quiz, and history features. The development method used in creating this application is Extreme Programming (XP), while its design employs UML (Unified Modeling Language). Based on the UAT testing results from the students, 95.5% indicated that this vocabulary recognition application can be used as an alternative learning medium for vocabulary recognition at RA Al-Istiqomah.
Keywords: Vocabulary, Android, Fisher-Yates Shuffle Algorithm, XP.