Fasha, Erina (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Quasi Eksperimen Kelas IV SDN 1 Purwawinangun). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode yang kurang efektif sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik terutama pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia antara peserta didik yang menggunakan metode drill kelas eksperimen dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah kelas kontrol, (2) perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia antara peserta didik yang menggunakan metode drill kelas eksperimen dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah kelas control. Penelitian ini menggunakan pendekatan kunatitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain nonequvalent control group. Variabel dalam penelitian ini adalah Metode Drill sebagai variabel bebas dan Hasil Belajar Peserta Didik sebagai variabel terikat. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 1 Purwawinangun. Teknik pengumpulan data menggunakan tes sebanyak 20 butir soal. Analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan N-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang menggunakan metode drill kelas eksperimen dengan peserta diidk yang menggunakan metode ceramah kelas ontrol, (2) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik antara peserta didik yang menggunakan metode drill kelas eksperimen dengan peserta didik yang menggunakan metode ceramah kelas kontrol.
Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Belajar, dan Bahasa Indonesia.

This research was motivated by methods that were less effective, causing low student learning outcomes, especially in Indonesian language subjects. The aim of this research is to describe (1) the differences in student learning outcomes in Indonesian language subjects between students who use the drill method in the experimental class and students who use the lecture method in the control class. (2) differences in the increase in student learning outcomes in Indonesian language subjects between students who used the experimental class drill method and students who used the control class lecture method. This research uses a quantitative approach with a quasi-experimental research type and a non-equivalent control group design. The variables in this research are the Drill Method as the independent variable and Student Learning Outcomes as the dependent variable. The subjects of this research were class IV of SD Negeri 1 Purwawinangun. The data collection technique uses a test of 20 questions. Analysis of this research data used the normality test, homogeneity test, t test and N-gain. The results of this research indicate that (1) there are differences in student learning outcomes between students who use the experimental class drill method and students who use the control class lecture method, (2) there is an increase in student learning outcomes between students who use the class drill method. experiment with students using the control class lecture method.
Keywords : Drill Method, Learning Results, and Indonesian.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Metode Drill, Hasil Belajar, dan Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.Pd ERINA FASHA
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:19
Last Modified: 19 Aug 2024 07:19
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item
View Item