Noveliza, Firly (2020) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Kelas IV SD Negeri 1 Purwawinangun Mata Pelajaran Matematika). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (427kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Rendahnya hasil belajar siswa tersebut karena guru hanya menggunakan media gambar saja dalam proses pembelajaran. Untuk membantu dalam proses pembelajaran matematika yang lebih menarik sehingga dapat meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran. Salah satunya menggunakan media audio visual. Maka peneliti memiliki tujuan penelitian yaitu 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang menggunakan media audio visual dengan siswa yang menggunakan media gambar, 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada siswa yang menggunakan media audio visual dengan kelas yang menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan jenis penelitian Nonequivalent control group. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal pilihan ganda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian ini dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada siswa yang menggunakan media audio visual dengan siswa siswa yang menggunakan media gambar, dan (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada siswa yang menggunakan media audio visual dengan siswa siswa yang menggunakan media gambar. Hal ini dibuktikan dengan kelas eksperimen yang lebih unggul daripada kelas kontrol, maka dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar skiswa secara signifikan pada muatan matematika di kelas IV SD Negeri 1 Purwawinangun.

This research was motivated by the low learning outcomes of students in mathematics learning. The low learning outcomes of these students are because teachers only use image media in the learning process. To help in a more interesting mathematics learning process to increase student enthusiasm in learning. One of them uses audio- visual media. So researchers have research objectives, namely: 1) To find out and describe the differences in student learning outcomes in students who use audio- visual media with students who use image media. 2) To determine and describe the improvement of student learning outcomes in students who use audio-visual media with classes that use image media. This study used a quantitative approach. The method used in this study is a Quasi-Experimental Design with a Nonequivalent control group research type. The instrument used in this study was using multiple- choice questions. The subjects in this study were class IV A students as an experimental class as many as 21 students and class IV B as a control class as many as 20 students. The results of this study and hypothesis testing show that: (1) There are differences in student learning outcomes in students who use audio-visual media with students who use image media, and (2) There are differences in improving student learning outcomes in students who use audio-visual media with students who use image media. This is evidenced by the experimental class which is superior to the control class, so using audio-visual media can significantly improve skis learning outcomes in mathematics content in grade IV SD Negeri 1 Purwawinangun.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Media Audio visual, Student learning outcomes, Audiovisual Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.pd Firly Noveliza
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:53
Last Modified: 02 Aug 2024 08:53
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item
View Item