Sundara, Fazar Aldia
(2024)
ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PADA ASPEK
PEMBELAJARAN DALAM MENUNJANG PEMAHAMAN
KONSEP PADA SISWA
(Studi Kualitatif Deskriptif pada Guru di SDN 1 Taraju).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam penguasaan kompetensi guru di Indonesia yang masih dinilai rendah. Salah satu kompetensi yang penting dikuasai guru adalah kompetensi pedagogik. Tingkat penguasaan
kompetensi pedagogik guru akan berpengaruh pada kualitas proses pembelajaran termasuk di dalamnya pemahman konsep siswa. Adapun tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi pedagogik guru pada aspek pembelajran dalam menunjang pemahaman konsep pada siswa di SDN 1 Taraju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru pada aspek menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sudah baik. Terlihat dari guru yang sudah menguasai berkaitan dengan proses perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar, serta penguasaan berkaitan dengan keputusan transaksional. Hal tersebut juga dibarengi dengan kemampuan pemahaman konsep siswa yang sudah baik pula. Dengan demikian sudah bisa dikatakan bahwa kompetensi pedagogik guru pada aspek menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik sudah mampu menunjang pemahaman konsep pada siswa dengan baik.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pemahaman Konsep, Siswa SD.
This research is motivated by the existence of problems in mastering teacher competency in Indonesia which is still considered low. One of the important competencies for teachers to master is pedagogical competency. The teacher's level of mastery of pedagogical competence will influence the quality of the learning process, including students' understanding of concepts. The aim to be achieved in
this research is to describe how teachers' pedagogical competence in the learning aspect supports students' understanding of concepts at SDN 1 Taraju. The method
used in this research is qualitative research with a descriptive study type. Data collection techniques use interview and documentation techniques. The data analysis techniques used in this research are data collection, data reduction, data
presentation, and drawing conclusions and verification. Based on the research results, it is known that teachers' pedagogical competence in the aspect of organizing educational learning is good. It can be seen from teachers who have mastered the learning planning process, learning implementation, use of media and learning resources, as well as mastery regarding transactional decisions. This is also accompanied by the students' ability to understand concepts well. Thus, it can be
said that the teacher's pedagogical competence in the aspect of organizing educational learning is able to support students' understanding of concepts well.
Keywords: Pedagogical Competency, Concept Understanding, Elementary School Students.
Actions (login required)
- View Item