Wibowo, Sandi Kaci (2025) PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING DIMODERASI GREEN MARKETING (Survey Pada Departemen Pemasaran Perusahaan Makanan dan Minuman Di Kabupaten Bekasi). S2 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana
pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing
dimoderasi green marketing studi kasus di perusahaan makanan dan minuman di
Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif karena
bermaksud mengetahui dan menganalisis pengaruh antara dua variabel atau lebih.
Variabel dalam penelitian ini adalah orientasi pasar sebagai variabel bebas, variabel
kinerja pemasaran sebagai variabel terikat, keunggulan bersaing sebagai variabel
intervening dan green marketing sebagai variabel moderasi. Data dianalisis dengan
Smart PLS 4. Adapun hasilnya yaitu orientasi pasar berpengaruh positif terhadap
kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing,
keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran, keunggulan
bersaing dapat memediasi orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, green marketing
tidak dapat memoderasi orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, dan green
marketing tidak dapat memoderasi keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran.
Dengan kata lain semakin efektif penerapan orientasi pasar sebuah perusahaan maka
semakin meningkatkan kinerja pemasaran, kemudian semakin baik keunggulan
bersaing sebuah perusahaan maka semakin baik kinerja pemasarannya. Orientasi pasar
dan keunggulan bersaing salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh sebuah
perusahaan pada masa persaingan yang begitu ketat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja pemasaran, orientasi pasar, keunggulan bersaing, green marketing marketing performance, market orientation, competitive advantage, green marketing
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Sekolah Pasca Sarjana > S2 Manajemen
Depositing User: M.M Sandi Kaci Wibowo
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:56
Last Modified: 10 Jan 2025 07:56
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item
View Item