Afriza, Yossa
(2024)
IMPLEMENTASI CRM ANALYTIC UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA IMAH TEUWEUL.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Imah Teuweul memiliki produk utama berupa Madu Kuningan (MaKun). Selain dari produk utama tersebut, Imah Teuweul juga menjual produk olahan madu lainnya, Proses transaksi yang ada di Imah Teuweul masih menggunakan metode manual yaitu pelanggan datang ke toko kemudian memilih langsung produk yang diinginkan. Dalam hal pelayanan pada pelanggan juga masih kurang memadai dan juga pada penyebaran informasi terkait toko promosi, dan kontak masih kurang efisien yang dimana menyulitkan pihak Imah Teuweul mengetahui keinginan dan kebiasaan pelanggan mereka. Penelitian ini menggunakan penerapan CRM Analytic, algoritma K-Means dan juga menggunakan metode pengembangan waterfall, hasil dalam penelitian ini adalah sistem penjualan berbasis web menggunakan CRM Analytic dan juga toolsnya yang berguna untuk memudahkan para pelaku usaha untuk terus menjangkau setiap pelanggan mereka, meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan menjaga hubungan dengan pelanggan, dan pengguna algoritma K-Mean untuk mengelompokkan pelanggan menggunakan 3 variabel yang di dasarkan pada besarnya nilai pembelian, Tingkat keseringan berbelanja dan waktu terkahir pelanggan melakukan transaksi. Dari pengelompokan tersebut menghasilkan 3 tingkatan yakni tidak loyal, biasa saja dan loyal. Dari hasil yang didapatkan Imah Teuweul dapat menentukan Langkah terbaik untuk meningkatkan omzet dengan memelihara hubungan baik dengan pelanggan misalnya memberikan perlakuan khusus kepada costumer seperti memberikan diskon member pelanggan yang besarannya ditentukan berdasarkan Tingkat loyalitasnya.
Kata Kunci : Loyalitas, CRM Analytic,K-Means clustering, waterfall.
Imah Teuweul has its main product called Madu Kuningan (MaKun). Apart from this main product, Imah Teuweul also sells other honey-based products. The transaction process at Imah Teuweul is still manual, where customers visit the store and select the desired products directly. In terms of customer service, it is still inadequate, and information dissemination regarding store promotions and contacts is also inefficient, making difficult for Imah Teuweul to understand their customers' preferences and habits. This study applies Analytic CRM, the K-Means algorithm, and the waterfall development method. The result of this study is a web- based sales system using Analytic CRM and its tools, which are useful for facilitating businesses to reach out to each of their customers, improve customer relationships, and maintain them. The K-Means algorithm is used to group customers based on three variables: the value of purchases, shopping frequency, and the time of the last transaction. This grouping results in three levels: non-loyal, average, and loyal. Based on these results, Imah Teuweul can determine the best steps to increase revenue by maintaining good relationships with customers, for example, by providing special treatment such as discounts to customers based on their loyalty level.
Keywordsi : Loyalty, Analytic CRM,K-Means clustering, waterfall.
Actions (login required)
- View Item