Anisa Azahra, Nur (2024) IMPLEMENTASI ALGORITMA LCM (LINEAR CONGRUENT METHOD) PADA GAME EDUKASI PEMBELAJARAN TAJWID BERBASIS ANDROID. S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Ilmu Tajwid adalah ilmu tentang kaidah serta cara-cara membaca ayat Al-Qur’an dengan cara mengeluarkan huruf dari makhraj-nya serta memberi hak dan mustahaq-nya dengan baik dan benar. Pembelajaran tajwid di Madrasah Raudhatul Jannah yang dimana dalam proses belajar tajwid masih menggunakan metode ceramah dan menulis dipapan tulis seperti biasa, sehingga kegiatan belajar mengajar masih monoton dan kurang menarik, yang dapat menimbulkan rasa bosan pada saat belajar dan tidak fokus terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Untuk melengkapi proses pembelajaran yang baru maka dikembangkan sebuah game edukasi untuk memberikan metode yang lebih interaktif berupa quis game dalam bentuk text pilihan ganda dan adanya game berupa puzzle tajwid. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk membuat aplikasi game edukasi pembelajaran tajwid menggunakan algoritma Linear Congruent Method berbasis Android. Algoritma LCM digunakan untuk proses pengacakan pada soal kuis. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle) dan perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Hasil penelitian ini berupa aplikasi game sebagai sarana media untuk hiburan dan edukasi terhadap siswa. Berdasarkan hasil UAT bahwa Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Tajwid Berbasis Android dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baru dengan nilai presentase sebesar 84,8%.
Kata Kunci : Tajwid, GDLC, LCM, Pengacakan Soal

The field of Tajwid entails understanding the principles and methods for correctly reciting Quranic verses, focusing on precise pronunciation and articulation of each letter from its designated origin. However, Tajwid instruction at Madrasah Raudhatul Jannah continues to rely on traditional teaching methods like lectures and board writing, potentially leading to a mundane learning atmosphere and reduced student engagement. To address this, an educational game has been developed to offer interactive learning experiences, including multiple-choice quizzes and Tajwid-themed puzzles. This research seeks to create an Android-based educational Tajwid learning game using the Linear Congruent Method algorithm. The development process follows the Game Development Life Cycle approach, incorporating Unified Modeling Language for design. The resulting game application serves both as an educational tool and an entertaining platform for students. According to the User Acceptance Test (UAT), the Android-based Educational Tajwid Learning Game Application attained an 84.8% satisfaction rate, indicating its promise as a novel learning resource.
Kata Kunci : Tajweed, GDLC, LCM, Quiz Question Randomization.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Tajwid, GDLC, LCM, Pengacakan Soal
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Teknik Informatika
Depositing User: S.Kom Nur Anisa Azahra
Date Deposited: 11 Nov 2024 04:46
Last Modified: 11 Nov 2024 04:46
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item
View Item