Rahmawati, Dea (2024) MUATAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA FASE E DILIHAT DARI TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN, ILMU KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN, DAN ILMU KESASTRAAN. S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan mengenai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 menjadi Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dengan penyusunan dan karakteristik yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui muatan Capaian Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase E dilihat dari taksonomi tujuan pembelajaran meliputi Taksonomi Bloom, Taksonomi Marzano, dan Taksonomi Tighe dan Wiggins. (2) mengetahui muatan Capaian Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Fase E dilihat dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa. (3) mengetahui muatan Capaian Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase E dilihat dari cakupan ilmu kebahasaan. (4) mengetahui muatan Capaian Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase E dilihat dari cakupan ilmu kesastraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pemerolehan data berupa studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Pada Taksonomi Bloom didominasi ranah kognitif jenjang menciptakan (K6), ranah afektif jenjang karakterisasi menurut nilai (A5), ranah psikomotor jenjang reaksi natural (P4) dan kreativitas (P7). Pada Taksonomi Marzano didominasi sistem kognitif jenjang pemanfaatan pengetahuan (L4). Pada Taksonomi Tighe dan Wiggins ini didominasi bentuk pemahaman tingkat aplikasi. 2) Cakupan keterampilan berbahasa yang lebih dominan adalah keterampilan menyimak dan membaca (reseptif) dan keterampilan menulis (produktif). 3) Cakupan ilmu kebahasaan dimulai dari tingkatan ilmu kebahasaan sintaksis sampai wacana, didominasi oleh sintaksis (kalimat), semantik (majas), sosiolinguistik (variasi bahasa berdasarkan pemakaian), pragmatik (tindak tutur) dan wacana (wacana lisan) . 4) Cakupan ilmu kesastraan yang lebih dominan berupa puisi, prosa fiksi, dan drama dengan melibatkan peserta didik aktif dan kreatif dalam mengapresiasi karya sastra.

This research is motivated by changes in the Core Competencies and Basic Competencies of the 2013 Curriculum to Learning Outcomes in the Merdeka Curriculum with different preparation and characteristics. The purpose of this study is to (1) find out the content of Learning Outcomes in Indonesian language subjects in Phase E seen from the taxonomy of learning objectives including Bloom's Taxonomy, Marzano Taxonomy, and Tighe and Wiggins Taxonomy. (2) to know the content of learning outcomes in Indonesian language subjects in Phase E in terms of the scope of language skills. (3) to know the content of learning outcomes in Indonesian language subjects in Phase E in terms of the scope of linguistics. (4) to know the content of learning outcomes in Indonesian language subjects in Phase E seen from the scope of literary science. The research method used in this research is descriptive qualitative method with data acquisition techniques in the form of literature study and documentation. Research results: 1) Bloom's Taxonomy is dominated by the cognitive level of creating (K6), the affective level of characterization according to values (A5), the psychomotor level of natural reactions (P4) and creativity (P7). The Marzano Taxonomy is dominated by the cognitive system at the knowledge utilization level (L4). In Tighe and Wiggins Taxonomy it is dominated by the form of application level understanding. 2) The more dominant coverage of language skills is listening and reading skills (receptive) and writing skills (productive). 3) The coverage of linguistics starts from the level of syntactic linguistics to discourse, dominated by syntax (sentences), semantics (majas), sociolinguistics (language variations based on usage), pragmatics (speech acts) and discourse (oral discourse). 4) More dominant coverage of literature in the form of poetry, prose fiction, and drama by involving students actively and creatively in appreciating literary works.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Capaian Pembelajaran, Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Ilmu Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, Ilmu Kesastraan Keywords: Learning Outcomes, Taxonomy of Learning Objectives, Language Skills, Linguistics, and Literature
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: S.Pd Dea Rahmawati Novi
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:37
Last Modified: 01 Nov 2024 02:37
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1765

Actions (login required)

View Item
View Item