Didaktisa, Mila Anggit (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INTRUCTIONS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA ( Studi Quasi Eksperimen di Kelas IV dalam Materi Dongeng Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar). S1 / D3 thesis, Universitas Kuniningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak siswa pada materi dongeng bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Suganangan dan SD Negeri 2 Suganangan pada bulan Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian kelas IV SD Negeri 1 Suganangan (kelas eksperimen) sejumlah 22 siswa dan kelas IV SD Negeri 2 Suganangan (kelas kontrol) sejumlah 10 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes essai dan lembar observasi untuk mengamati kegiatan proses pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, uji homogenitas dengan menggunakan Levene Statistic. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Suganangan dan SD Negeri 2 Suganangan. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai yaitu < -2,042 dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis tersebut diterima, artinya terdapat pengaruh atau perbedaan penggunaan media wayang kartun terhadap hasil belajar menyimak pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar. Hal tersebut juga ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil posttest yaitu kelompok eksperimen sebesar 74 dan kelompok kontrol sebesar 69.
Kata Kunci : Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak, Dongeng, Siswa SD.
This research aims to determine the effect of using cartoon puppet media on students' listening skills in Indonesian fairy tale material for grade IV elementary school. This research was carried out at SD Negeri 1 Suganangan and SD Negeri 2 Suganangan in May 2024. The research method used in this research was quasi-experimental with a Non-Equivalent Control Group Design. The research sample for class IV SD Negeri 1 Suganangan (experimental class) was 22 students and class IV SD Negeri 2 Suganangan (control class) was 10 students. The instruments used in this research were essay tests and observation sheets to observe learning process activities. The data analysis technique used in this research is a normality test using the Kolmogrov-Smirnov test, a homogeneity test using Levene Statistics. Then proceed with hypothesis testing using the T-test. The results of this research show that there is an influence of the use of cartoon puppet media on children's story listening skills in class IV students at SD Negeri 1 Suganangan and SD Negeri 2 Suganangan. This is shown by the results of the t-test calculation, the value obtained -t count < -t tabel, namely -2.584 < -2.042, thus it can be concluded that the hypothesis is accepted, meaning that there is an influence or difference in the use of cartoon puppet media. on the results of listening learning in Indonesian language subjects in grade IV elementary school. This is also shown by the average value of the posttest results, namely the experimental group was 74 and the control group was 69.
Keywords: Cartoon Puppet Media, Listening Skills, Fairy Tales, elementary school
students

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak, Dongeng, Siswa SD Cartoon Puppet Media, Listening Skills, Fairy Tales, elementary school students
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.Pd Mila Anggit Didaktisa
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:17
Last Modified: 01 Nov 2024 02:17
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1762

Actions (login required)

View Item
View Item