Hidayat, Rudi (2018) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN OBJEK BENDA BERSEJARAH DENGAN ALGORITMA SPEEDED UP ROBUST FEATURES (SURF) BERBASIS ANDROID (Studi Kasus: Museum Keraton Kasepuhan Cirebon). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (111kB)
Official URL: https://uniku.ac.id

Abstract

Museum Kasepuhan merupakan tempat wisata museum yang sudah berdiri lama
yang ada di Kota Cirebon, sehingga banyak peninggalan – peninggalan benda
bersejarah yang ada disana. Jika berwisata ke tempat ini, pengunjung akan
dihadapkan dengan benda bersejarah yang di pajang berserta deskripsi objek benda
yang tertulis diatas kertas. Untuk informasi selengkapnya biasanya di sampaikan
oleh seorang pemandu yang ada di museum, dengan jumlah 3 pemandu. Informasi
yang diperoleh menjadi kurang terperinci dikarenakan terbatasnya waktu. Dengan
memanfaatkan media teknologi berupa aplikasi augmented reality dapat menjadi
langkah penyelesaian dalam mengatasi hal tersebut. Augmented Reality merupakan
teknologi yang menggabungkan benda antara dunia maya dan dunia nyata berupa
tiga dimensi yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sebagai bentuk
pengenalan objek yang lebih menarik, sehingga untuk informasinya dapat
tersampaikan dengan mudah. Untuk membangun aplikasi tersebut dibuat
perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language) serta penerapan
algoritma SURF (Speeded Up Robust Features) sebagai pencocokan fitur serta
mempercepat dalam proses pendeteksian. Pencocokan ini dilakukan pada gambar
yang baru diambil dengan marker didalam program. Dengan aplikasi ini dapat
mempermudah dan menarik minat bagi pengguna dalam mempelajari sejarah
khususnya benda- benda bersejarah yang merupakan akar budaya bangsa, serta
media promosi dalam meningkatkan daya tarik pengunjung di Museum Kasepuhan
Cirebon.
Kata Kunci: Museum, Museum Kasepuhan Cirebon, Augmented Reality, UML,
Speeded Up Robust Features, SURF

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Teknik Informatika
Depositing User: S.Kom Rudi Hidayat
Date Deposited: 03 Jul 2024 10:10
Last Modified: 03 Jul 2024 10:10
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item
View Item