Yanto, Riki
(2024)
IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN SIKLUS AIR MENGGUNAKAN METODE KIRSCH
(Studi Kasus : SDN 1 Cimaranten).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Belajar adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar memiliki kompetensi berupa keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Belajar juga dapat dipandang sebagai sebuah proses perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan dan meniru. Namun dalam pembelajaran khususnya tentang siklus air terdapat kendala yaitu siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan karena kurangnya visualisasi yang jelas. Media pembelajaran yang hanya dilakukan melalui buku, tidak mampu menujukan perubahan kondisi secara real-time terhadap proses siklus air yang melibatkan proses yang cukup kompleks. Oleh karena itu media pembelajaran yang lebih interaktif dibutuhkan supaya siswa bisa lebih mudah untuk memahami materi pelajaran khususnya tentang proses siklus air. Salah satu media pembelajaran interaktif yang cocok untuk masalah ini adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan menggunakan metode kirsch untuk membantu mendeteksi marker. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode RUP(Rational Unified Process) dan perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Berdasarkan hasil UAT bahwa Aplikasi Augmented Reality Pada Pembelaharan Siklus Air menggunakan metode kirsch dapat digunakan sebagai media untuk membantu belajar siswa kelas v dengan nilai persentase sebesar 87%.
Kata Kunci : Augmented Reality, Kirsch, RUP, Siklus Air, UML
Learning involves acquiring skills and knowledge through activities like reading and observing. Learning can also be seen as a process of changing behavior or appearance, with a series of activities such as reading, observing, listening and imitating. However, students often struggle with understanding the water cycle due to poor visualization in traditional book-based learning. Therefore, more interactive learning media is needed so that students can more easily understand the subject matter, especially about the process of the water cycle. One interactive learning medium that is suitable for this problem is to utilize Augmented Reality technology and use the kirsch method to help detect markers. An AR application, developed using the Rational Unified Process (RUP) methodology and designed with Unified Modelling Language (UML), employs the Kirsch method for marker detection. User Acceptance Testing shows this AR application is effective, with an 87% approval rate from grade V students.
Keywords: Augmented Reality, Kirsch, RUP, Water Cycle, UML
Actions (login required)
- View Item