Wulandari, Wieke
(2024)
MODERASI LEVERAGE TERHADAP PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN PROFITABILITAS PADA KONSERVATISME AKUNTANSI
(Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Pakaian dan Barang Mewah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Manajerial, dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi dengan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. Objek penelitian pada perusahaan sub sektor pakaian dan barang mewah yang terdaftar di bursa efek indonesiaa (BEI) periode 2018-2022. Populasi penelitian ini berjumlah 23 perusahaan dan dijadikan sampel berjumlah 18 perusahaan yang memenuhi kriteria, berdasarkan 5 periode maka total sampel yang digunakan yaitu sebanyak 90 sampel data perusahaan sub sektor pakaian dan barang mewah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi tidak langsung. Taknik analisis data yang digunakan asumsi klasik, moderated regression analysis, koefisien detrminasi, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan eviews 9.0. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi, juga leverage dapat memperkuat pengaruh ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial dan profitabilitas terhadap konservatisme akuntansi.
The aim of this research is to determine the moderation of leverage on the influence of company size, managerial ownership and profitability on accounting conservatism. The research object is clothing and luxury goods sub-sector companies listed on the Indonesian Stock Exchange (BEI) for the 2018-2022 period. The population of this research consisted of 23 companies and a sample of 18 companies that met the criteria, based on 5 periods, the total sample used was 90 samples of company data in the clothing and luxury goods sub-sector. The method used is a descriptive and verification method with quantitative data. The data collection technique uses indirect observation. Data analysis techniques used classical assumptions, moderated regression analysis, coefficient of determination, and hypothesis testing using eviews 9.0. Based on the research results, it can be concluded that leverage can strengthen the influence of company size, managerial ownership and profitability on accounting conservatism.
Actions (login required)
- View Item