Syariah, Syariah (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA MENGGUNAKAN LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) (Studi Kasus: SMAN 1 Darma). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

SMA Negeri 1 Darma merupakan salah satu sekolah yang berada di Desa Cipasung, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Media pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran fisika khususnya materi gelombang cahaya yaitu buku paket dan modul. Selain itu untuk mengukur tingkat pemahaman siswa diberikan latihan soal menggunakan media kertas. Namun terdapat kendala yaitu siswa kurang memahami materi karena keterbatasan alat bantu untuk visualisasi penomena dan konsep dari gelombang cahaya serta gambar yang terdapat dalam buku paket hanya berupa gambar 2D dan deskripsi singkat. Sementara saat mengerjakan latihan soal rentan sekali terjadi kecurangan yaitu siswa saling bekerja sama saat mengerjakan soal karena soal yang diberikan kepada setiap siswa sama serta guru memerlukan waktu lama untuk memeriksa soal karena harus di cek satu persatu. Oleh karena itu, perlu adanya media pembelajaran alternatif untuk visualisasi penomena dan konsep dari gelombang cahaya yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk memunculkan objek animasi 3D. Pada aplikasi ini juga menerapkan algoritma Linear Congruent Method (LCM) untuk pengacakan soal. Metode pengembangan system yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah prototype. Berdasarkan pengujian User Acceptence Testing (UAT) yang dilakukan kepada siswa, aplikasi ini mendapatkan respon yang baik dengan presentase 87,8%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini bisa dijadikan media pembelajaran alternatif.

SMA Negeri 1 Darma is one of the school in Cipasung Village, Kuningan Regency. The learning media uses textbooks and modules to teach physics, particularly light waves. In addition, to measure the level of understanding students are given practice questions using paper media. However, there are obstacles including students struggle with limited visualization tools and 2D images in textbooks, and cheating occurs during practice questions since all students receive the same ones, as well as leading to lengthy grading times for teachers because they have to be checked one by one. Therefore, to solve these issues there is a need for alternative learning media an Augmented Reality based application will visualize light wave phenomena with 3D animations and use the Linear Congruent Method (LCM) algorithm to randomize quiz questions.The application developed using the prototype method and received an 87.8% satisfaction score in User Acceptance Testing (UAT), showing it is an effective alternative learning medium.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Gelombang Cahaya; Augmented Reality; Linear Congruent Method (LCM); Prototype; User Acceptence Testing (UAT). Learning Media; Light Waves; Augmented Reality; Linear Congruent Method (LCM); Prototype; User Acceptance Testing (UAT).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Syariah Syariah
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:28
Last Modified: 26 Aug 2024 04:28
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item
View Item