Utami, Nadhila Putri
(2024)
RANCANG BANGUN E-LEARNING MENGGUNAKAN ALGORITMA LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMP N 1 CINIRU ).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
E-Learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. E-learning mengubah model pembelajaran tradisional menjadi visual dan tanpa tatap muka. SMP Negeri 1 Ciniru belum memanfaatkan sistem e-learning, proses pembelajaran masih dilakukan melalui pertemuan di kelas. Begitupun dalam pemberian kuis, ujian dan pemberian nilai kuis dan ujian. Dalam mengerjakan soal kuis dan ujian juga siswa/siswi masih sering melakukan kecurangan seperti kerjasama sesama temannya dikarenakan soal kuis, dan ujian yang tidak teracak. Selain berisiko dan dapat terjadi tindakan saling kerjasama antar siswa, pihak sekolah memerlukan suatu media altenatif yang dapat meminimalisir tindakan saling kerja sama antar siswa salah satu media alternatifnya adalah menggunakan e-learning dengan berbasis web. Sistem pengisian soal kuis/ujian pada e-learning ini menggunakan algoritma Linear Congruent Method (LCM) untuk pengacakan soal kuis/ujian berlangsung. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara atau tanya jawab secara langsung kepada narasumber (kepala sekolah) dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem yang dipakai yaitu metode Prototype dan hasil akhir dari penelitian ini aplikasi e-learning yang telah dibuat dengan algoritma Linear Congruent Method (LCM) untuk pengacakan kemunculan soal kuis/ujian pada e-learning.
Learning is an innovation that can be utilized in the learning process, not only in delivering learning materials but also in changing the abilities of various student competencies. E-learning transforms the traditional learning model into a visual and faceless one. SMP Negeri 1 Ciniru has not yet utilized the e-learning system, the learning process is still conducted through classroom meetings. Similarly, in giving quizzes, exams, and grading quizzes and exams. In working on quiz and exam questions, students still often cheat by collaborating with their peers due to the quizzes and exams not being randomized. Aside from the risks and potential for collaboration among students, the school requires an alternative media to minimize collaborative actions among students; one alternative media is using web-based e-learning. The system for filling out quiz/exam questions in this e-learning utilizes the Linear Congruent Method (LCM) algorithm for randomizing quiz/exam questions. The data collection methods used are observation, interviews or direct questioning of informants (school principals), and literature studies. The system development method used is the Prototype method, and the final result of this research is an e-learning application created with the Linear Congruent Method (LCM) algorithm for randomizing the appearance of quiz/exam questions in e-learning.
Actions (login required)
- View Item