Rahman, Rendi Septia
(2024)
RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY PENGENALAN RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN ALGORITMA FAST CORNER DETECTION (STUDI KASUS : SDN SUKAPERNA 1).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
SDN Sukaperna 1 merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempelajari materi Rangkaian Listrik. Metode pembelajaran yang digunakan adalah penyampaian materi, tanya jawab dan praktikum. Kemudian media yang digunakan adalah buku paket dan alat praktek. Dengan Penggunaan metode dan media tersebut terdapat kendala yaitu gambar pada buku masih dalam bentuk 2D sehingga visualisasi bentuk rangkaian listrik kurang interaktif dan keterbatasan waktu dan alat praktek menyebabkan siswa kurang memahami materi rangkaian listrik. Oleh karena itu, dibutuhkan media alternatif agar dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi Augmented Reality Pengenalan Rangkaian Listrik dengan menerapkan Algoritma Fast Corner Detection untuk proses pendeteksian sudut marker. Metode pengembangan system menggunakan Prototype dan perancangan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Berdasarkan hasil pengujian UAT dengan persentasi 98% menyatakan bahwa aplikasi Augmented Reality Pengenalan Rangkaian Listrik dapat digunakan sebagai media alternatif pembelajaran Rangkaian Listrik untuk kelas VI di SDN Sukaperna 1.
Kata Kunci : Rancang bangun; augmented reality; rangkaian listrik; fast corner detection.
SDN Sukaperna 1 is an educational institution that includes Electrical Circuit material in its curriculum. The teaching methods employed include delivering material, conducting Q&A sessions, and practical exercises. The media used for instruction comprise textbooks and practical tools. However, there are some challenges with these methods and media: the images in the textbooks are still in 2D format, resulting in less interactive visualization of electrical circuits, and the limited time and practical tools hinder students' understanding of electrical circuit concepts. Therefore, an alternative medium is needed to assist students in the learning process. This research aims to design and develop an Augmented Reality application for Electrical Circuit Recognition by implementing the Fast Corner Detection Algorithm for marker corner detection. The system development method uses the Prototype model, and the design uses Unified Modeling Language (UML). Based on UAT results with a percentage of 98%, it is stated that the Augmented Reality application for Electrical Circuit Recognition can be used as an alternative learning medium for Electrical Circuits for sixth-grade students at SDN Sukaperna 1.
Keyword : Design and development; augmented reality; electrical circuit; fast corner detection.
Actions (login required)
- View Item