Agung, Cindy Rizky
(2024)
PENGARUH PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL, STRUKTUR KEPEMILIKAN, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PENCIPTAAN NILAI
(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Aneka Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2022).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, struktur kepemilikan, dan ukuran perusahaan terhadap penciptaan nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor aneka industri sebanyak 275 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Sampel yang digunakan yaitu laporan tahunan perusahaan manufaktur sub sektor aneka industri sebanyak 170 data perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan publik, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap penciptaan nilai. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan publik, dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penciptaan nilai.
Kata Kunci: Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Publik, Penciptaan Nilai, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Ukuran Perusahaan.
The purpose of this study was to analyze the effect of corporate social responsibility disclosure, ownership structure, and company size on value creation. The research method used is descriptive and verification method. The population in this study were 275 manufacturing companies in various industrial sub-sectors listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2022. The sample used is the annual report of various industrial sub-sector manufacturing companies totaling 170 data companies by using purposive sampling method. The data collection method used is panel data regression analysis. The results showed that disclosure of corporate social responsibility, managerial ownership, institutional ownership, public ownership, and company size together had an effect on value creation. Corporate social responsibility disclosure, managerial ownership, institutional ownership, public ownership, and company size have a positive and significant effect on value creation.
Keywords: Company Size, Corporate Social Responsibility Disclosure, Institutional Ownership, Managerial Ownership, Public Ownership, Value Creation,
Actions (login required)

- View Item