Fauzan, Muhamad Nur (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ETNOMATEMATIKA KABUPATEN KUNINGAN UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada sejumlah permasalahan yang diidentifikasi dalam pembelajaran trigonometri, termasuk kesulitan siswa dalam mengartikulasikan konsep secara jelas, rendahnya kemampuan komunikasi matematis, serta penerapan metode pembelajaran yang masih konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif "Dunia Trigonometri" berbasis etnomatematika yang berfokus pada budaya lokal Kabupaten Kuningan. Metode research and development (R&D) dengan model ADDIE digunakan untuk memastikan pengembangan yang sistematis melalui tahapan Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Media ini dirancang menggunakan software Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi perbandingan trigonometri di kelas X. Penilaian oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki tingkat kevalidan yang sangat tinggi, dengan nilai keseluruhan sebesar 93,21% dari ahli materi dan 96,92% dari ahli media. Penilaian ini menempatkan media dalam kategori "sangat valid," menegaskan bahwa media ini memenuhi standar keakuratan dan kualitas tinggi dalam penyampaian materi trigonometri. Pengujian kepraktisan dilakukan melalui implementasi langsung di kelas, melibatkan guru dan siswa. Berdasarkan perspektif siswa, media ini memperoleh nilai kepraktisan sebesar 92,85%. Berdasarkan perspektif guru, nilai kepraktisan media adalah 96,66%. Media ini dikategorikan sebagai "sangat praktis," menunjukkan kemudahan penggunaan dan penerimaan positif dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif "Dunia Trigonometri" memberikan dampak positif signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Nilai rata-rata pre-test sebesar 36,04 meningkat menjadi 49,22 pada post-test, dengan N-Gain Score sebesar 0,55 dalam kategori "sedang." Siswa yang menggunakan media ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep trigonometri dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif "Dunia Trigonometri" tidak hanya valid dan praktis, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Implementasi media ini diharapkan dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Perbandingan Trigonometri, Articulate Storyline 3, Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model ADDIE

This research is based on a number of problems identified in learning trigonometry, including students' difficulties in articulating concepts clearly, low mathematical communication skills, and the application of conventional learning methods. This research aims to develop interactive learning media "The World of Trigonometry" based on ethnomathematics which focuses on the local culture of Kuningan Regency. The research and development (R&D) method with the ADDIE model is used to ensure systematic development through the Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation stages. This media was designed using Articulate Storyline 3 software to improve students' mathematical communication skills in trigonometry comparison material in class material experts and 96.92% of media experts. This assessment places the media in the "very valid" category, confirming that this media meets high standards of accuracy and quality in delivering trigonometry material. Practicality testing is carried out through direct implementation in the classroom, involving teachers and students. Based on the student's perspective, this media obtained a practicality score of 92.85%. Based on the teacher's perspective, the media practicality value is 96.66%. This medium was categorized as "very practical," indicating ease of use and positive reception from teachers and students. The research results show that the use of interactive learning media "World of Trigonometry" has a significant positive impact on improving students' mathematical communication skills. The average pre-test score of 36.04 increased to 49.22 in the post-test, with an N-Gain Score of 0.55 in the "medium" category. Students who use this media show a significant increase in students' understanding of trigonometry concepts and mathematical communication skills. Overall, this research concludes that the interactive learning media "World of Trigonometry" is not only valid and practical, but can also improve students' mathematical communication skills. It is hoped that the implementation of this media can be an innovative solution in improving the quality of mathematics education.
Keywords: Interactive Learning Media, Trigonometry Comparison, Articulate Storyline 3, Ethnomathematics, Mathematical Communication Skills, ADDIE Model

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: : Media Pembelajaran Interaktif, Perbandingan Trigonometri, Articulate Storyline 3, Etnomatematika, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model ADDIE Interactive Learning Media, Trigonometry Comparison, Articulate Storyline 3, Ethnomathematics, Mathematical Communication Skills, ADDIE Model
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Pd Muhamad Nur Fauzan
Date Deposited: 17 Apr 2025 02:12
Last Modified: 17 Apr 2025 02:12
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item
View Item