Anwar, Asep Saepul
(2025)
RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PETUALANGAN GEOMETRIC GUARDIAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES (STUDI KASUS : SDN 2 KUNINGAN).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
SD Negeri 2 Kuningan merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Salah satu Mata Pelajaran yang diberikan adalah matematika. Berfokus pada materi geometri seperti bangun ruang, yang menjadi bagian penting dalam kurikulum Pendidikan dasar, dimana metode pembelajaran yang digunakan masih mengandalkan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab serta media menggunakan buku ajar yang berupa gambar bangun ruang dua dimensi (2D). Dengan penggunaan metode dan media tersebut ditemukan kendala yang dihadapi, dimana siswa kesulitan memahami materi secara menyeluruh karena kurangnya variasi sudut pandang dan keterbatasan alat peraga. Media pembelajaran berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) juga kurang menarik bagi sebagain siswa. Kondisi tersebut menjadi tantangan dalam proses pembelajaran bangun ruang di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dibangun media pembelajaran berbasis Game. Game ini dibangun menggunakan metode pengembangan sistem Game Development Life Cycle (GDLC), perancangan menggunakan UML, dan menerapkan algoritma fisher yates untuk pengacakan soal. Berdasarkan pengujian UAT dengan persentase 97,8% menyatakan bahwa Game edukasi”Petualangan Geometric Guardian” ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas V SD Negeri 2 Kuningan dalam memahami materi bangun ruang.
SD Negeri 2 Kuningan is one of the elementary schools located in Kuningan Regency, West Java Province, Indonesia. Math is one of the Concerning Subject in the school. However geometry material such as spatial figures, which are an important part of the elementary education curriculum, is still rely on lecture methods, discussions, and questions and answers and media using textbooks in the form of two-dimensional (2D) spatial figures. Through these methods and media, obstacles were found, where students had difficulty understanding the material as a whole due to the lack of variation in viewpoints and limited teaching aids. Learning media in the form of Student Worksheets (LKS) are also less interesting for some students. These conditions are challenges in the process of learning spatial figures in schools. To overcome these problems, game-based learning media were built. This game was built using the Game Development Life Cycle (GDLC) system development method, designed using UML, and implementing the Fisher Yates algorithm for randomizing questions. Based on the UAT test with a percentage of 97.8%, it states that the educational game "Geometric Guardian Adventure" can be used as a learning medium for class V of SD Negeri 2 Kuningan in understanding spatial figures material..
Actions (login required)

- View Item