Baihaqi, Luthfi
(2024)
PENGARUH DISKON HARGA, TAMPILAN PRODUK DAN NILAI BELANJA HEDONIS TERHADAP
PEMBELIAN IMPULSIF
(Survey Pada Konsumen Toko Jabalnur di Desa Ciwaru).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Perkembangan bisnis ritel yang ada di Indonesia disebabkan karena konsumen cenderung lebih memilih ritel modern ketimbang pasar tradisional. Penelitian ini dilakukan pada suatu toko yang ada di ciwaru yaitu toko jabalnur dimana perkembangan pada era globalisasi ini membuat dunia usaha semakin memiliki banyak pesaing, hal ini mengharuskan setiap orang yang memiliki usaha mampu untuk mengatasi kelemahan dan meningkatkan keunggulan yang dimiliki nya. Diskon harga merupakan promosi penjualan yang paling banyak digunakan dalam usaha bisnis terutama toko ritel dalam meningkatkan pembelian impulsif. Didukung dengan adanya penataan dalam toko yang membuat konsumen semakin tertarik untuk melakukan pembelian impulsif. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskon harga (X1), tampilan produk (X2) dan nilai belanja hedonis (X3) dan variabel dependennya adalah pembelian impulsif. Metode analisis yang digunakan adalah analisa regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakan konsumen toko jabalnur di desa ciwaru dengan syarat yang telah ditentukan yaitu pernah membeli suatu produk di toko jabalnur minimal 2 kali. Data yang diperoleh merupakan data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atau kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan di temukan diskon harga, tampilan produk dan nilai belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive pada toko jabalnur di desa ciwaru. Besarnya pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 75.8%, sisanya sebesar 24.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.
Kata kunci : diskon harga, tampilan produk, nilai belanja hedonis, dan pembelian impulsif.
The development of the retail business in Indonesia is due to consumers tending to prefer modern retail over traditional markets. This research was conducted at a shop in Ciwaru, namely the Jabalnur shop, where developments in this era of globalization mean that the business world has more and more competitors. This requires that everyone who owns a business is able to overcome weaknesses and increase the advantages they have. Price discounts are the most widely used sales promotion in business ventures, especially retail stores, to increase impulse buying. Supported by display in the store which makes consumers increasingly interested in making impulse buying. The dependent variables used in this research are price discounts (X1), display product (X2) and hedonic shopping value (X3) and the dependent variable is impulse buying. The analysis method used is multiple linear regression analysis with the help of SPSS 25 for Windows. The sample used in this research was 100 respondents who were consumers of the Jabalnur shop in Ciwaru village with predetermined conditions, namely having purchased a product at the Jabalnur shop at least twice. The data obtained is primary data which is the result of respondents' answers or questionnaires distributed. The results of this research show that simultaneously it was found that price discounts, display product and hedonic shopping value had a positive and significant effect on impulsive buying at the jabalnur shop in ciwaru village. The magnitude of the influence of the independent variable on the dependent variable is 75.8%, the remaining 24.2% is influenced by other variables not included in the research model.
Keywords : price discounts, display product, hedonic shopping value and impulse buying.
Actions (login required)

- View Item