Eriyandani, Diana Try
(2024)
MUATAN CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA FASE D DILIHAT DARI TAKSONOMI TUJUAN PEMBELAJARAN, ILMU KETERAMPILAN BERBAHASA, ILMU KEBAHASAAN, DAN ILMU KESASTRAAN.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan standar isi kompetensi inti dan
kompetensi dasar menjadi Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dalam
penyusunan dan karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui muatan Capaian Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
Fase D dilihat dari taksonomi tujuan pembelajaran yang meliputi Taksonomi
Bloom, Taksonomi Marzano, dan Taksonomi Tighe dan Wiggins. (2) mengetahui
muatan Capaian Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Fase D dilihat
dari cakupan ilmu keterampilan berbahasa. (3) mengetahui muatan Capaian
Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase D dilihat dari cakupan
ilmu kebahasaan. (4) mengetahui muatan Capaian Pembelajaran pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia Fase D dilihat dari cakupan ilmu kesastraan. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif
dengan teknik pemerolehan data berupa studi pustaka dan dokumentasi. Hasil
penelitian: 1) Pada Taksonomi Bloom didominasi oleh ranah kognitif jenjang
memahami (K2) dan menciptakan (K6), ranah afektif jenjang karakterisasi menurut
nilai (A5), serta ranah psikomotor jenjang reaksi natural (P4). Pada Taksonomi
Marzano ini dominasi oleh sistem diri jenjang sistem diri (L6). Pada Taksonomi
Tighe dan Wiggens didominasi oleh bentuk pemahaman Tingkat aplikasi. 2)
Keterampilan berbahasa yang lebih dominan adalah keterampilan menyimak dan
membaca (reseptif) dan keterampilan menulis (produktif). 3) Ilmu kebahasaan yang
lebih dominan adalah fonologi (bunyi segmental dan bunyi suprasegmental),
morfologi (kata), sintaksis (kalimat), semantik (majas), sosiolinguistik (variasi
bahasa berdasarkan pemakaian), pragmatik (tindak tutur) dan wacana (wacana
lisan).. 4) Ilmu kesastraan yang lebih dominan berupa puisi, prosa fiksi, dan drama.
Kata Kunci: Capaian Pembelajaran, Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Ilmu
Keterampilan Berbahasa, Ilmu Kebahasaan, Ilmu Kesastraan
This research was motivated by changes in the content standards for core
competencies and basic competencies into Learning Outcomes in the Independent
Curriculum in different arrangements and characteristics. This research aims to
(1) determine the content of Learning Achievements in Phase D Indonesian
language subjects seen from the taxonomy of learning objectives which include
Bloom's Taxonomy, Marzano's Taxonomy, and Tighe and Wiggins' Taxonomy. (2)
knowing the content of Learning Achievements for Indonesian language subjects in
Phase D seen from the scope of language skills. (3) knowing the content of Learning
Achievements in Phase D Indonesian language subjects seen from the scope of
linguistics. (4) knowing the content of Learning Outcomes in Phase D Indonesian
language subjects seen from the scope of literary science. The research method
used in this research is a qualitative descriptive method with data collection
techniques in the form of literature study and documentation. Research results: 1)
Bloom's Taxonomy is dominated by the cognitive domain of understanding (K2)
and creating (K6), the affective domain of characterization according to values
(A5), and the psychomotor domain of natural reactions (P4). domination by the self
system level of the self system (L6). In Tighe and Wiggins' Taxonomy, this form of
understanding is dominated by the application level. 2) dominant are listening and
reading skills (receptive) and writing skills (productive). 3) The more dominant
linguistic sciences are phonology (segmental sounds and suprasegmental sounds),
morphology (words), syntax (sentences), semantics (figure of speech),
sociolinguistics (language variations based on usage), pragmatics (speech acts)
and discourse (spoken discourse). 4) The dominant literary sciences are poetry,
prose fiction and drama.
Keywords: Learning Achievements, Taxonomy of Learning Objectives, Language
Skills, Linguistics, Literary Sciences
Actions (login required)
- View Item