Violita, Violita (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY (SETS) UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI GENETIKA. S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Pendekatan Science, Environment, Technology, Society (SETS) merupakan pendekatan pembelajaran yang terintegrasi dan efektif untuk mengeksplorasi keterkaitan sains, lingkungan, teknologi, masyarakat untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis ditemukan permasalahan bahwa bahan ajar di sekolah masih terbatas serta terdapat kesulitan belajar pada materi substansi genetika. Berdasarkan hal terebut diperlukannya bahan ajar yang memadai, dapat diakses dimana saja dan kapan saja disertai fitur-fitur yang dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar. Instrumen pada penelitian ini menggunakan lembar penilaian ahli media dan ahli materi serta angket respon siswa dan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan R&D dengan mengacu pada langkah-langkah model ADDIE. Model ini menggunakan 5 tahap pengembangan yaitu, analyze, design, development, implementation, evaluation. Data yang diambil dari penelitian ini terdiri dari ahli media, ahli materi dan angket respons yang diberikan kepada siswa dan guru sebagai pengguna. Hasil pengembangan produk didapatkan bahan ajar e-modul berbasis SETS untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi substansi genetika. Produk ini dikembangkan dengan sintak pembelajaran SETS yang terdiri dari tahap invitasi, tahap eksplorasi, tahap solusi, tahap aplikasi konsep dan tahap pemantapan konsep, selain itu terdapat fitur lain seperti bio-activity, bio-games dan let’s connect yang dapat membantu siswa pada saat proses pembelajaran. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak. Hasil ini terlihat dari validasi oleh ahli media 94,55%, ahli materi 100% dan hasil angket respon siswa dengan persentase 85,5% kategori sangat setuju.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Genetika, Kesulitan Belajar siswa, SETS, Substansi Genetika E-modul, Genetika, Kesulitan Belajar siswa, SETS, Substansi Genetika E-module, Genetics, Genetic Substance, SETS, Student Learning Difficulties
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Violita Violita
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:22
Last Modified: 02 Dec 2024 07:22
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item
View Item