Putri, Adinda
(2024)
PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Pemecahan masalah matematis siswa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Namun pada kenyataanya kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Negeri 3 Kuningan masih tergolong rendah, hal ini karena proses pembelajarannya masih menggunakan metode ceramah dengan diberikan soal latihan rutin dan juga belum tersedianya media yang dapat menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E Modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kuningan dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan di antaranya uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji N-Gain. Kevalidan E-Modul diuji dengan angket yang diisi oleh dua validator ahli materi dan satu validator ahli media. Hasil validasi dari kedua ahli materi memperoleh persentase sebesar 95% dan validator ahli media sebesar 95%, sehingga E-Modul dikategorikan sangat valid. Kepraktisan E-Modul diuji dengan angket yang diberikan kepada guru dan juga siswa. Hasil persentase uji kepraktisan guru sebesar 85% dan hasil kepraktisan siswa sebesar 85,92%, sehingga E-Modul dikategorikan sangat praktis. Teknik untuk menguji kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa yaitu dengan menggunakan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dengan N-Gain, E-Modul mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,87
sehingga termasuk ke dalam kategori tinggi. E-Modul untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi barisan dan deret dinyatakan valid, praktis dan dapat mengingkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya pengembangan E-Modul dapat dikembangkan dengan menambahkan model pembelajaran di dalamnya untuk menunjang kemampuan matematis lainnya.
Kata Kunci. Barisan dan Deret, E-Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Student mathematical problem solving is one of the most important things in the mathematics learning process. However, in reality, the problem solving ability of students at SMA Negeri 3 Kuningan is still relatively low, this is because the learning process still uses the lecture method by giving routine practice problems and also the unavailability of media that can support students' mathematical problem solving skills. This study aims to develop E-Modules in improving students' mathematical problem solving skills on the material of rows and series. The method used is Research and Development (R&D) using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This research was conducted in class XI MIPA 1 SMA Negeri 3 Kuningan with 30 students. Data collection techniques in this study used interviews and questionnaires. Data analysis techniques used include validity test, practicality test, and N Gain test. The validity of the E-Module was tested with a questionnaire filled out by two material expert validators and one media expert validator. The validation results from both material experts obtained a percentage of 95% and the media expert validator of 95%, so that the E-Module was categorized as very valid. The practicality of the E-Module was tested with a questionnaire given to teachers and students. The percentage result of the teacher's practicality test was 85% and the student's practicality result was 85.92%, so the E-Module was categorized as very practical. The technique to test students' mathematical problem solving ability is by using the N-Gain test. Based on the results of data analysis with N-Gain, E-Modules are able to improve students' mathematical problem solving skills with an average N-Gain of 0.87 so that it is included in the high category. E-Modules to improve mathematical problem solving skills on the material of rows and series are declared valid, practical and
can improve students' mathematical problem solving skills. Suggestions for further researchers can be developed by adding learning models in it to support other mathematical abilities.
Keywords. Rows and Rows, E-Module, Mathematical Problem Solving Ability
Actions (login required)
- View Item