Lesmana, Boby Aqmal
(2024)
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PELAPORAN KEUANGAN UKM BERDASARKAN SAK EMKM STUDI EMPIRIS TERHADAP UKM YANG TERDAFTAR DI DINAS PERDAGANGAN DAN INDUSTRI KABUPATEN KUNINGAN.
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pelatihan laporan keuangan terhadap pelaporan keuangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pemilik dan manajer UKM di Kab. Kuningan. Dengan Jumlah Populasi 336 dan sampel sebanyak 183 yang dipilih menggunakan rumus slovin. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda untuk menguji hubungan antara variabel independen (tingkat pendidikan, pemahaman akuntansi, dan pelatihan laporan keuangan) dengan variabel dependen (pelaporan keuangan UKM berdasarkan SAK EMKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelaporan keuangan UKM berdasarkan SAK EMKM. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan dan pemahaman akuntansi yang dimiliki oleh pemilik atau manajer UKM, semakin baik pula kualitas pelaporan keuangan yang dihasilkan. Pelatihan laporan keuangan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pelaporan keuangan UKM. Temuan ini mengimplikasikan bahwa pelatihan laporan keuangan penting, dan efektif dalam meningkatkan kualitas pelaporan keuangan UKM.
Kata Kunci: Tingkat Pendidikan (X1), Pemahaman Akuntansi (X2), Pelatihan Laporan Keuangan (X3), Pelaporan Keuangan UKM Berdasarkan SAK EMKM (Y).
This study aims to analyze the influence of education level, accounting understanding, and financial report preparation training on the financial reporting of Small and Medium Enterprises (SMEs) based on the Financial Accounting Standards for Micro, Small, and Medium Entities (SAK EMKM). Data was collected through questionnaires distributed to the owners and managers of SMEs in Kuningan Regency. The total population was 336, with a sample of 183 selected using the Slovin formula. The analysis method used in this research is multiple linear regression to test the relationship between the independent variables (education level, accounting understanding, and financial report preparation training) and the dependent variable (SME financial reporting based on SAK EMKM). The results showed that education level and accounting understanding have a positive and significant influence on SME financial reporting based on SAK EMKM. This indicates that the higher the education level and accounting understanding possessed by the SME owners or managers, the better the quality of financial reporting produced. Financial report preparation training also has a positive and significant influence on SME financial reporting. These findings imply that financial report preparation training is important and effective in improving the quality of SME financial reporting.
Keywords: Education Level (X1), Accounting Understanding (X2), Financial Report Preparation Training (X3), SME Financial Reporting Based on SAK EMKM (Y).
Actions (login required)
- View Item