Febriyana, Agung (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Survei kepada Siswa Kelas XII SMK Model Patriot IV Ciawigebang). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRACT] Text (ABSTRACT)
ABSTRACT.pdf

Download (937kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://rama.uniku.ac.id

Abstract

Upaya untuk menumbuhkan wirausahawan guna mengurangi angka pengangguran salah satunya melalui pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan diharapkan dapat mendidik siswa untuk menjadi calon-calon wirausahawan. Dengan mengajarkan siswa berwirausaha dapat membangun kepercayaan diri dan dapat melatih kemandirian siswa. Kemandirian mendorong individu untuk berprestasi dan berkreasi, juga sebagai pendorong untuk menjadi manusia yang produktif dan efisien serta membawanya ke arah kemajuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. 2) Pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap minat berwirausaha siswa.3) Pengaruh yang signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya terhadap minta berwirausaha siswa kelas XII SMK Model Patriot IV Ciawigebang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Model IV Patriot Ciawigebang jumlah 186 siswa dengan mengambil sampel 127 dari polulasi siswa. 1). Terdapat pengaruh yang positif signifikan dari pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini berarti bahwa untuk menumbuhkkan minat berwirausaha siswa harus didukung dengan pendidikan kewirausahaan yang baik.2). Terdapat pengaruh yang posistif signifikan dari lingkungan Teman Sebaya terhadap minat berwirausaha siswa. hal ini berarti bahwa untuk menumbuhkan minat berwirausaha siswa harus di dukung dengan lingkungan Teman sebaya nya yang baik dan mendukung untuk menumbuhkan minat berwirausaha.3). Terdapat pengaruh yang positif signifikan dari pendidikan kewirausahaan (X1) dan lingkungan Teman Sebaya (X2) terhadap minat berwirausaha (Y). Pendidikan kewirausahaan dan lingkungan Teman Sebaya ini secara bersama-sama akan menumbuhkan minat berwirausaha. Hal ini berarti bahwa untuk menumbuhkan minat berwirausaha harus di dukung beberapa faktor yaitu pendidikan kewirausahaan dan lingkungan Teman sebaya.
Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Berwirausaha

Efforts to grow entrepreneurs to reduce the unemployment rate are one of them through Vocational High School (SMK) education. SMK as one of the educational and training institutions is expected to educate students to become prospective entrepreneurs. By teaching students to be entrepreneurial, they can build confidence and can train student independence. Independence encourages individuals to excel and create, as well as a driver to become productive and efficient human beings and leads them in the direction of progress. This study aims to find out 1) Positive and significant influence between entrepreneurship education on students' entrepreneurial interest. 2) Positive and significant influence between peer environment on students' entrepreneurial interest.3) Significant influence between entrepreneurship education and peer environment on asking students to be entrepreneurial in grade XII SMK Model Patriot IV Ciawigebang. This research is a quantitative research, the instruments used are questionnaires and documentation. The population in this study is grade XII students of SMK Model IV Patriot Ciawigebang with a total of 186 students by taking a sample of 127 from student population. 1). There is a significant positive influence of entrepreneurship education on students' interest in entrepreneurship. This means that to foster an interest in entrepreneurship, students must be supported by good entrepreneurship education.2). There is a significant positive influence of the Peer environment on students' interest in entrepreneurship. This means that to foster an interest in entrepreneurship, students must be supported by a good and supportive peer environment to foster an interest in entrepreneurship.3). There was a significant positive influence of entrepreneurship education (X1) and the Peer environment (X2) on entrepreneurial interest (Y). Entrepreneurship education and the Peer environment will jointly foster an interest in entrepreneurship. This means that to foster an interest in entrepreneurship, several factors must be supported, namely entrepreneurial education and the peer environment.
Keywords: Entrepreneurship Education, Peer Environment, and Entrepreneurial Interest

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Agung Febriyana , (20200310012), Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Berwirausaha Siswa (Survey Pada Siswa Kelas XII SMK Model Patriot IV Ciawigebang). Dibimbing oleh Dr.Yeyen Suryani,M.Pd dan Cucu Suhartini, M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Kuningan. 2024 Upaya untuk menumbuhkan wirausahawan guna mengurangi angka pengangguran salah satunya melalui pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). SMK sebagai salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan diharapkan dapat mendidik siswa untuk menjadi calon-calon wirausahawan. Dengan mengajarkan siswa berwirausaha dapat membangun kepercayaan diri dan dapat melatih kemandirian siswa. Kemandirian mendorong individu untuk berprestasi dan berkreasi, juga sebagai pendorong untuk menjadi manusia yang produktif dan efisien serta membawanya ke arah kemajuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. 2) Pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap minat berwirausaha siswa.3) Pengaruh yang signifikan antara pendidikan kewirausahaan dan lingkungan teman sebaya terhadap minta berwirausaha siswa kelas XII SMK Model Patriot IV Ciawigebang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Model IV Patriot Ciawigebang jumlah 186 siswa dengan mengambil sampel 127 dari polulasi siswa. 1). Terdapat pengaruh yang positif signifikan dari pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa. Hal ini berarti bahwa untuk menumbuhkkan minat berwirausaha siswa harus didukung dengan pendidikan kewirausahaan yang baik.2). Terdapat pengaruh yang posistif signifikan dari lingkungan Teman Sebaya terhadap minat berwirausaha siswa. hal ini berarti bahwa untuk menumbuhkan minat berwirausaha siswa harus di dukung dengan lingkungan Teman sebaya nya yang baik dan mendukung untuk menumbuhkan minat berwirausaha.3). Terdapat pengaruh yang positif signifikan dari pendidikan kewirausahaan (X1) dan lingkungan Teman Sebaya (X2) terhadap minat berwirausaha (Y). Pendidikan kewirausahaan dan lingkungan Teman Sebaya ini secara bersama-sama akan menumbuhkan minat berwirausaha. Hal ini berarti bahwa untuk menumbuhkan minat berwirausaha harus di dukung beberapa faktor yaitu pendidikan kewirausahaan dan lingkungan Teman sebaya. Kata Kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Berwirausaha Agung Febriyana, (20200310012), The Influence of Entrepreneurship Education and Peer Environment on Students' Interest in Entrepreneurship (Survey on Grade XII Students of SMK Model Patriot IV Ciawigebang). Guided by Dr. Yeyen Suryani, M.Pd and Cucu Suhartini, M.Pd. of the Economics Education Study Program. Faculty of Teacher Training and Education. Kuningan University. 2024 Efforts to grow entrepreneurs to reduce the unemployment rate are one of them through Vocational High School (SMK) education. SMK as one of the educational and training institutions is expected to educate students to become prospective entrepreneurs. By teaching students to be entrepreneurial, they can build confidence and can train student independence. Independence encourages individuals to excel and create, as well as a driver to become productive and efficient human beings and leads them in the direction of progress. This study aims to find out 1) Positive and significant influence between entrepreneurship education on students' entrepreneurial interest. 2) Positive and significant influence between peer environment on students' entrepreneurial interest.3) Significant influence between entrepreneurship education and peer environment on asking students to be entrepreneurial in grade XII SMK Model Patriot IV Ciawigebang This research is a quantitative research, the instruments used are questionnaires and documentation. The population in this study is grade XII students of SMK Model IV Patriot Ciawigebang with a total of 186 students by taking a sample of 127 from student population. 1). There is a significant positive influence of entrepreneurship education on students' interest in entrepreneurship. This means that to foster an interest in entrepreneurship, students must be supported by good entrepreneurship education.2). There is a significant positive influence of the Peer environment on students' interest in entrepreneurship. This means that to foster an interest in entrepreneurship, students must be supported by a good and supportive peer environment to foster an interest in entrepreneurship.3). There was a significant positive influence of entrepreneurship education (X1) and the Peer environment (X2) on entrepreneurial interest (Y). Entrepreneurship education and the Peer environment will jointly foster an interest in entrepreneurship. This means that to foster an interest in entrepreneurship, several factors must be supported, namely entrepreneurial education and the peer environment. Keywords: Entrepreneurship Education, Peer Environment, and Entrepreneurial Interest
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: S.Pd Agung Febriyana
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:40
Last Modified: 07 Oct 2024 03:40
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1309

Actions (login required)

View Item
View Item