Fardiatunisa, Syifa
(2024)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS di kelas IV SDN 1 Ciporang Kec. Kuningan Kab. Kuningan Tahun Ajaran 2023/2024).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS, nilai yang diperoleh pada mata pelajaran IPAS yang disebabkan karena dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif dalam bertanya, dan mengungkapkan pendapat serta kurangnya siswa dalam mengemukakan ide- ide, sehingga siswa tidak terbiasa untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan begitu mereka hanya menerima informasi saja. Guru juga dalam proses pembelajaran kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran. Penelitian ini bertujusn untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model Learning Cycle 5E dengan kelas kontrol yang menggunakan model Cooperative Learning pada muatan IPAS kelas IV di SDN 1 Ciporang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental dengan desain non-equaivalent control group. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Ciporang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalan instrumen soal tes berupa soal Pilihan Ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan model Learning Cycle 5E dengan kelas kontrol yang menggunakan model Cooperative Learning pada muatan IPAS kelas IV di SDN 1 Ciporang.
Kata Kunci : Hasil Belajar, IPAS, Learning Cycle 5E
The background in this study is the low learning outcome of students on IPAS subjects, the value obtained on the IPAS subject is due to in the learning process students are less active in asking, and expressing opinions as well as the lack of students in submitting ideas, so students are not used to developing their thinking ability so they only receive information. Teachers are also in less creative learning processes in choosing learning models. The study aims to determine whether there are differences and improvements in student learning outcomes between experimental classes using the Learning Cycle 5E model and control classes using Cooperative Learning models on class IV IPAS loads in SDN 1 Ciporang. This research uses a quantitative approach with a type of quasi- experimental research with a design of non-equivalent control groups. The sample of this study was a fourth grade student at SDN 1 Ciporang. The data gathering used in this study is an instrumental double choice test of 15 questions. Based on the results of this study, it can be concluded that there are differences and improvements in student learning outcomes between experimental classes using the Learning Cycle 5E model and control classes using Cooperative Learning model on a Class IV IPAS load in SDN 1 Ciporang.
Keywords: Learning outcomes, IPAS, Learning Cycle 5E
Actions (login required)
- View Item