Hidayah, Nur Fathul
(2024)
HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN (ATTACHMENT) ORANG TUA DENGAN KONFORMITAS SISWA SEKOLAH DASAR
(Studi Kuantitatif Korelasional Pada Siswa Kelas V SDN 01 Ciputat Tahun Ajaran 2023/2024).
S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan mengasumsikan bahwa attachment orang tua yang tinggi dapat mempengaruhi konformitas siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara attachment orang tua dengan konformitas siswa sekolah dasar dengan konformitas siswa sekolah dasar pada siswa kelas V SDN 01 Ciputat tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan pendekatan korelasional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas V SDN 01 Ciputat. Instrument yang digunakan untuk mengumpukan data yaitu berupa non tes seperti angket. Expert Judgment digunakan untuk menilai reliabilitasnya. Untuk menguji hubungan antara resiliensi akademik dengan stres akademik siswa, data dianalisis menggunakan Uji Korelasi Product Moment. Uji Koefisien Determinasi juga digunakan untuk menilai pengaruh attachment orang tua dengan konformitas siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan tingkat attachment siswa dengan rata-rata sebesar 53,44% dengan kategori tinggi. Sedangkan tingkat konformitas siswa sekolah dasar dengan rata-rata sebesar 65,25% dengan kategori tinggi. Korelasi antara attachment dengan konfomitas siswa sekolah dasar adalah sebesar 0,227 dengan rtabel 0,361. Karena r hitung>r tabel maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara attachment orang tua dengan konformitas siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Attachment, Konformitas
This research was conducted assuming that high parental attachment can influence elementary school students' conformity. The aim of this research is to find out whether there is a relationship between parental attachment and elementary school student conformity and elementary school student conformity in class V students at SDN 01 Ciputat in the 2023/2024 academic year. The research method used in this research is a survey with a correlational approach. The sample in this study was 30 class V students at SDN 01 Ciputat. The instrument used to collect data is in the form of a non-test such as a questionnaire. Expert Judgment is used to assess its reliability. To test the relationship between academic resilience and student academic stress, the data was analyzed using the Product Moment Correlation Test. The Coefficient of Determination Test was also used to assess the influence of parental attachment on elementary school students' conformity. The research results show that the average level of student attachment is 53.44% in the high category. Meanwhile, the level of conformity for elementary school students is on average 65.25% in the high category. The correlation between attachment and conformity of elementary school students is 0.227 with an rtable of 0.361. Because r count>r table, it can be concluded that there is no relationship between parental attachment and conformity of elementary school students.
Keywords: Attachment, Conformity
Actions (login required)
- View Item