Stiani, Yulina (2024) RANCANG BANGUN E-COMMERCE MODEL BUSINESS TO CUSTOMER PADA AZORA COLLECTION. S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Azora Collection adalah sebuah UMKM yang bergerak di bidang fashion, membutuhkan sistem e-commerce untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem e-commerce model Business to Customer (B2C) untuk Azora Collection menggunakan metode pengembangan waterfall. Metode ini dipilih karena memungkinkan iterasi cepat dan penyesuaian berdasarkan umpan balik pengguna, sehingga dapat menghasilkan sistem yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna. Alat bantu Unified Modeling Language (UML) digunakan dalam proses perancangan untuk memodelkan kebutuhan dan desain sistem secara terstruktur. Diagram yang digunakan meliputi diagram use case, diagram aktivitas, diagram kelas, dan diagram urutan. Sistem e-commerce ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP, yang dikenal fleksibel dan efektif untuk pengembangan aplikasi web. Fitur utama dari sistem ini mencakup katalog produk, keranjang belanja, sistem pembayaran online, serta manajemen pesanan dan pelanggan. Pengujian sistem dilakukan dengan User Acceptance Testing (UAT) untuk memastikan bahwa sistem telah memenuhi kebutuhan dan ekspektasi pengguna akhir. Hasil penelitian ini adalah sebuah platform e-commerce yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan pasar Azora Collection. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman belanja yang memuaskan bagi pelanggan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa metode waterfall dan penggunaan UML efektif dalam mengembangkan sistem yang berorientasi pada pengguna. Berdasarkan UAT menunjukkan bahwa 96% pengguna setuju dengan aplikasi e-commerce tersebut.
Kata Kunci : E-Commerce, Bussines To Customer, Waterfall, UML, PHP.

Azora Collection is an UMKM that operates in the fashion sector, requiring an e-commerce system to reach a wider market. This research aims to design and build a Business to Customer (B2C) e-commerce system for the Azora Collection using the waterfall development method. The waterfall method as chosen because of its linear and structured nature, ideal for projects with clear needs, so it can produce a system that is more suitable with to user needs. The Unified Modeling Language (UML) tool is used in the design process to model system requirements and design in a structured manner. The diagrams used include use case diagrams, activity diagrams, class diagrams, and sequence diagrams. This e-commerce system is developed using the PHP programming language, which is known to be flexible and effective for developing web applications. The main features of this system include a product catalogue, shopping cart, online payment system, and order and customer management. System testing is carried out using User Acceptance Testing (UAT) to ensure that the system meets the needs and expectations of end users. The result of this research is an e-commerce platform that can increase operational efficiency and expand the Azora Collection market reach. The system can increase sales and provide a satisfying shopping experience for customers. This research also shows that the waterfall method and the use of UML are effective in developing user-oriented systems. Based on UAT, it shows that 96% users agree with that e-commerce application.
Keywords : E-Commerce, Bussines To Customer, Waterfall, UML, PHP.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: E-Commerce, Bussines To Customer, Waterfall, UML, PHP.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Sistem Informasi
Depositing User: S.Kom Yulina Stiani
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:03
Last Modified: 25 Sep 2024 02:03
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item
View Item