Yahya, Maulana (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN VEGETATIF BUATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RABIN-KARP BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI KASUS : SD NEGERI MEKARSARI). S1 / D3 thesis, Universitas Kuningan.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (885kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

“RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN
VEGETATIF BUATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA
RABIN-KARP BERBASIS AUGMENTED REALITY (STUDI
KASUS : SDN MEKARSARI)”
Maulana Yahya1), Agus Wahyudin2), Siti Measyaroh3)
Program studi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Kuningan
Jl. Pramuka No. 67, Purwawinangun, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa
Barat 45512
[email protected], [email protected], [email protected]
Abstrak
SDN Mekarsari merupakan satuan pendidikan dengan jenjang sekolah dasar yang
mempelajari materi proses vegetatif buatan. Proses pembelajaran siswa disesuaikan
dengan model pembelajaran yang sesuai RPP dan buku pelajaran. Media yang
digunakan dalam proses pembelajaran di SDN Mekarsari yaitu menggunakan buku
paket sebagai referensi utama. Dari penggunaan media tersebut mengalami kendala
karena keterbatasan alat bantu visualisasi, seperti ketiadaan alat peraga 3D dan
hanya gambar 2D serta materi pada buku, yang membuat siswa kurang termotivasi
dalam memahami proses vegetatif buatan. Latihan soal sebagai evaluasi yang
digunakan oleh guru dalam melakukan penilaian masih secara manual. Oleh karena
itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi
pembelajaran tentang proses tahapan vegetatif buatan dengan menerapkan
algoritma Rabin-Karp untuk proses pencocokan string pada soal essay berbasis
Augmented Reality. Metode untuk pengembangan sistem menggunakan Rapid
Application Development (RAD) dan perancangan menggunakan Unifed Modeling
Language (UML). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa aplikasi Augmented
Reality proses vegetatif buatan dapat digunakan sebagai media alternatif
pembelajaran proses vegetatif buatan untuk kelas VI di SDN Mekarsari berdasarkan
hasil UAT dengan persentasi 89%.
Kata Kunci : Rancang Bangun; Augmented Reality; Proses Vegetatif Buatan,
Rabin-karp.

Item Type: Thesis (S1 / D3)
Uncontrolled Keywords: Rancang Bangun; Augmented Reality; Proses Vegetatif Buatan, Rabin-karp Design and development, augmented reality, artificial vegetative process, Algoritma Rabin-Karp.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 Teknik Informatika
Depositing User: S.Kom Maulana Yahya
Date Deposited: 02 May 2025 06:33
Last Modified: 02 May 2025 06:33
URI: https://rama.uniku.ac.id/id/eprint/2637

Actions (login required)

View Item
View Item